Pra LKMM-TD Bekali Maba Akuntansi UNAIR Banyuwangi Kemampuan Manajemen Diri

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama peserta Pra LKMM-TD Mahasiswa Akuntansi PSDKU Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Kehidupan kampus identik dengan kegiatan mahasiswa yang padat. Selain melaksanakan perkuliahan, mahasiswa, biasanya juga mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Hal tersebut, mengharuskan mahasiswa untuk membagi waktu dan memanajemen diri agar seimbang antara berorganisasi dan berprestasi.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) UNAIR Banyuwangi, menggelar kegiatan Pra Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (Pra LKMM-TD). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Kampus Sobo, pada Sabtu (21/9) kemarin. Leoni Ananda Siswoto, selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan manajemen diri.

“Biasanya mahasiswa baru itu terlalu bersemangatdalam mengikuti semua kegiatan kampus, hal itu wajar, karena memang mereka dalam tahap peralihan, jadi semangat mereka masih besar. Namun, selain semangat mereka juga harus memiliki kemampuan dalam memanajemen diri, sehingga seimbang antara organisasi dan prestasi,” ujar mahasiswi yang kerap disapa Leon tersebut.

Sementara itu, Ida Nur Safitri, selaku Kepala Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) juga menjelaskan, bahwa kegiatan Pra LKMM-TD tersebut bertujuan untuk melatih mahasiswa berfikir kritis, mendengar efektif, dan mengendalikan persepsi. Mahasiswi yang akrab disapa Fitri itu menilai, pengendalian persepsi itu penting, agar mahasiswa tidak berfikir kritis anarkis, namun yang diharapkan adalah kritis dan solutif.

“Kegiatan Pra LKMM-TD ini kami adakan selain untuk melatih mahasiswa baru dalam memanajemen diri juga untuk membiasakan mahasiswa baru untuk berfikir kritis, solutif, dan mampu mengendalikan persepsi. Banyak yang bisa berfikir kritis, tapi kritis anarkis, sehingga hal yang demikian itu perlu dikendalikan, dan itulah tujuan acara yang kami adakan ini,” jelasnya.

Acara Pra LKMM-TD sendiri, terdiri dari 3 materi yang disampaikan oleh Mahasiswa yang sudah lulus LKMM Tingat Menengah, dan LKMM Tingkat Lanjutan. Materi pertama dibawakan oleh Dian Pratama, mahasiswa akuntansi angkatan 2017 yang sudah lulus LKMM TM dan membawakan materi terkait “Pengenalan, Pengembangan Diri, dan Hakikat Motivasi”.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Ahmed Sultan Afif Shiddiq, mahasiswa budidaya perairan yang juga menjabat sebagai Menteri PSDM Keluarga Mahasiswa (KM) UNAIR Banyuwangi, yang membahas mengenai “Berfikir Kritis, Mendengar Efektif, dan Mengendalikan Persepsi”.

Sedangkan materi penutup disampaikan oleh Sulistyo Primadani, Ketua HMA periode 2018. Mahasiswa yang akrab disapa Mada ini membawakan materi yang bertajuk “Ambisi, Kenyataan, dan Usaha serta Memiliki Sasaran, Risiko, dan Konsekuensi”. Pada akhir, acara ditutup dengan sesi foto bersama. (*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu