Kata Mereka Tentang Kebermanfaatan ASC FPK UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam ASC FPK UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Aquaculture Study Club (ASC) merupakan Komunitas Minat dan Bakat (KOMIKAT) yang bergerak dibidang teknik budidaya ikan hias air tawar, kultur pakan alami, hingga pemasaran. Dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA), ASC bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa FPK agar dapat menerapkan ilmu pengetahuan seputar akuakultur yang didapat dari bangku kuliah.

Sejak berdiri tahun 2017, bagaimana pendapat mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) terkait kebermanfaatan ASC? Berikut telah UNAIR NEWS rangkum pendapat dari beberapa mahasisawa FPK dari tiap angkatan.

Alvin Avia Apriliana, Mahasiswa FPK Angkatan 2016

“ASC menjadi salah satu KOMIKAT yang patut diunggulkan khususnya untuk mahasiswa akuakultur, hal ini dikarenakan ASC menjadi media pembelajaran untuk penerapan ilmunya. Oleh karena itu, keberlanjutan ASC perlu dikawal dengan serius oleh seluruh civitas. Disini kita tidak hanya menerapkan tentang teknik budidaya ikan hias yang dipelajari di kelas, namun hingga panen bahkan sampai pemasarannya.”

Dinda Yuni Istanti, Mahasiswa FPK Angkatan 2017

“Dari yang saya ketahui, ASC saat ini berkembang cukup pesat. Semakin banyak juga komoditas ikan hias yang berhasil dipijahkan. Tidak ketinggalan juga pakan alami air tawar yang sukses dikultur. Harapannya semoga ASC terus ada dan berkembang sehingga tidak hanya mahasiswa FPK saja yang merasakan manfaatnya, namun juga fakultas yang lain.”

Zein Yusup Sholehuddin, Mahasiswa FPK Angkatan 2018

“Keberadaan ASC sangat bermanfaat untuk mahasiswa FPK saya rasa. Kita dapat praktik secara langsung terkait teknik pemeliharaan ikan hias air tawar dan pakan alami bahkan sampai pemasarannya. Semoga kedepannya ASC dapat menjadi wadah penerapan ilmu pengetahuan yang lebih luas cakupannya, sehingga kebermanfaatannya juga dirasakan oleh masyarakat luas.”

Muhammad Adrian Fauzi, Mahasiswa FPK Angkatan 2019

“Menjadi mahasiswa baru tentu menjadi membosankan apabila ilmu yang diajarkan di kelas tidak dapat dipraktikkan secara langsung di lapangan. Dengan adanya ASC ini sangat membantu saya untuk belajar dan praktik secara langsung seputar akuakultur. Harapan saya kedepan untuk ASC ini lebih banyak komoditas yang dipijahkan, sehingga menambah koleksi ikan air tawar di laboratorium FPK.”

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu