Tingkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Inggris, HIMA Teknik Gigi Fakultas Vokasi Adakan Kegiatan Kelas Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA kelas bahasa inggris di ruang kuliah B FKG UNAIR. (Foto : Nikmatus Sholikhah)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan acara English Class 2019 pada Sabtu (21/09/2019). Kegiatan yang bertempat di ruang kuliah B FKG UNAIR itu bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa Teknik Gigi supaya memiliki kemampuan dan keberanian berbicara bahasa inggris yang baik dalam menghadapi dunia kerja. Hal itu dikarenakan banyaknya laboratorium internasional yang membuka peluang kerja untuk lulusan D3 Teknik Gigi UNAIR.

“Selain itu, tiap semester enam mahasiswa Teknik Gigi juga mempunyai tujuan untuk magang di laboratorium internasional. Sehingga acara ini bisa dijadikan sebagai persiapan supaya kita terbiasa untuk berbicara bahasa inggris,” jelas Safrina Rifka Riftanti sebagai ketua pelaksana.

Pemilihan tema “Orthodontics Introduction” juga bukan tanpa alasan. Selain menyesuaikan dengan materi tentang ilmu gigi, Safrina menuturkan bahwa hal ini dimaksudkan agar mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah bahasa inggris dalam materi tentang gigi. Sehingga ketika mahasiswa teknik gigi terjun langsung berdiskusi dan konsultasi dengan dokter gigi di laboratorium, mereka sudah tidak kesulitan lagi menggunakan istilah-istilah itu.

Dalam penyampaian materinya, Sianiwati G., drg., MS., menjelaskan bahwa Orthodontics merupakan salah satu cabang dari ilmu kedokteran gigi yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan tulang rahang, wajah, dan oklusi, yang dapat menyebabkan permasalahan gigi dan rahang. Drg Sianiwati juga menampilkan beragam permasalahan orthodontics gigi, seperti gigi depan maju, gigitan silang antara rahang atas dan bawah, gigi berjejal, tumpang tindih, dan lain-lain.

“Ada dua solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu pemasangan kawat gigi atau behel dan labial bow. Perawatan itu akan membantu untuk mendapatkan susunan gigi dan senyum yang bagus,” terangnya.

Sebagai salah satu peserta, Anita Yulia menyatakan senang bisa mengikuti kegiatan itu. Menurutnya kegiatan kelas bahasa inggris tahun ini memberikan banyak pengetahuan tentang dunia Orthodontics.

“Selain itu, melalui acara ini saya juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Safrina berharap dengan diadakannya kegiatan itu mahasiswa D3 Teknik Gigi bisa lebih percaya diri untuk mempratikkan bahasa inggris dalam dunia sehari-hari. Sehingga mereka akan terbiasa untuk berbicara bahasa inggris.

Penulis : Nikmatus Sholikhah

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu