VOD 2019 bagi Mahasiswa Baru UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Bastian Ragas

UNAIR NEWS – Serangkaian kegiatan Viva Outer Division (VOD) 2019 PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi telah selesai sejak hari Minggu (15/9) lalu. Tentu saja, kegiatan yang berlangsung selama 4 minggu di Kampus Sobo dan Kampus Giri, memberikan kesan yang membekas di hati mahasiswa baru.

Dewi Indana, mahasiswa baru program studi Kesehatan Masyarakat tahun 2019, merasa bahwa kegiatan VOD tersebut sangat seru. Meskipun pada awalanya beranggapan kegiatan ini tidak ada manfaatnya, namun pada akhirnya Dewi merasa kegiatan ini bermanfaat dan sangat seru setelah dijalani.

“Awalnya mikirnya kan di Surabaya udah ada ospek dua kali. Terus ternyata di Banyuwangi ada ospek lagi. Kirain cuma prodi ada, ternyata ada tambahannya VOD. Pertama kali berpikir buat apa kegiatan VOD. Ternyata setelah dijalani seru, asik juga, soalnya bisa ketemu sama teman – teman dari FPK sama FKH juga. Kemudian bisa kenal sama kakak – kakak tingkat juga,” ungkapnya.

Dewi juga mengaku, bahwa dia mendapatkan banyak ilmu selama kegiatan VOD berlangsung. Salah satunya adalah bisa keluar dari zona nyaman karena bertemu dengan teman – teman yang mudah berbaur dengannya.

“Untuk ilmu yang di dapat cukup banyak. Disini saya lebih bisa membuka diri karena bertemu dengan teman – teman yang asik, jadi ikut terbawa suasana juga,” lanjutnya.

Selain Dewi, Chelomitha juga mengatakan hal yang serupa. Menurutnya, dengan adanya kegiatan VOD ini, dia bisa menjadi lebih tau mengenai hal – hal yang dipelajari oleh fakultas lain. Selain itu, menurutnya, penugasan VOD sendiri dapat memberikan dampak positif terhadap kekompakan angkatan, khususnya kelompoknya sendiri. Ketika penugasan debat dan essay, Chelo merasa dirinya dilatih untuk berpikir kritis.

“Menurut saya, dengan adanya kegiatan VOD ini, kita jadi mengetahui hal-hal yang dipelajari oleh fakultas lain. Misalnya, FPK ternyata tidak hanya belajar mengenai ikan-ikan saja. Begitu pun dengan FKH yang mempelajari semua jenis hewan, tidak hanya hewan peliharaan saja. Selain itu, dari penugasan VOD sendiri kebanyak tugas kelompok. Jadinya, ketika mengerjakan tugas tersebut lebih ringan karena kelompok saya sendiri mau saling membantu dan kompak. Hal yang paling menarik adalah ketika ada penugasan debat. Dengan adanya debat, mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis,” tuturnya.

Menurut Bram, selaku leader dari angkatan 2019, kegiatan VOD ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru. Menurutnya, dalam kegiatan ini, mahasiswa baru mendapatkan pengenalan lingkungan kampus PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi yang jauh dari kampus pusat. Selain itu, kegiatan VOD menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan antara kampus pusat dengan kampus banyuwangi.

“VOD merupakan proses kaderisasi bagi mahasiswa yang jauh dari kampus pusat. Mengenalkan kita bagaimana lingkungan di PSDKU sendiri, dijelaskan juga bahwa sebenarnya kita tidak berbeda jauh dengan teman – teman di Surabaya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Nadiyah Rahmasari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu