SOM Wadahi Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Tingkatkan Kemampuan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
drh. Thohawi saat memberikan materi seputar mengasah kemampuan mahasiswa. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – SOM atau School of Mawapres merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang dibentuk oleh Divisi Mawapres, salah satu divisi organisasi Garuda Sakti UNAIR PSDKU Banyuwangi. SOM lanjutan itu, dibentuk guna memfasilitasi mahasiswa yang ada di PSDKU untuk meningkatkan kemampuan softskill dan juga hardskill.

Kegiatan SOM yang dilaksanakan selama 2 hari (14-15/9) tersebut, bertempat di Kampus Sobo PSDKU Banyuwangi. Meski akhir pekan, tidak  membatasi semangat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan itu. Pada hari pertama, ada beberapa materi yang disampaikan yaitu materi CV, public speaking, dan debat.

Pemateri pada hari pertama diisi oleh drh. Tohawi selaku dosen dari FKH dan Alvina mahasiswa FPK yang merupakan ketua dari BSO Garuda Sakti. Suasana sedikit memanas karena ada materi debat. Pasalnya, peserta dibagi menjadi dua kubu untuk memperdebatkan topik yang telah diberikan oleh pemateri.

“Materi debat merupakan cara untuk melatih hardskill dari mahasiswa untuk kritis dalam mengatasi suatu hal yang ada,” ungkap Thohawi.

Dilanjut, pada hari kedua, peserta SOM dibekali materi How to be a  Good Mawapres dan juga LKTI. Hadir sebagai pemateri tersebut, Ni Made Adnya Suasti selaku Mawapres UNAIR  2019). Dalam kesempatan itu, Adnya sapaan akrabnya memberikan motivasi kepada peserta tentang tips untuk bisa menjadi seorang mawapres. Tidak hanya itu, Adnya juga memberikan materi tentang banyak hal yang perlu dipersiapkan agar bisa lolos menjadi seorang Mawapres.

“Untuk menjadi Mawapres tentu banyak hal yang harus dipersiapkan,” tandas Adnya.

Selanjutnya, pemateri kedua disampaikan oleh Darmawan Setia Budi selaku dosen FPK UNAIR. Dalam kegiatan tersebut, ia memberikan kesempatan kepada peserta untuk membuat sebuah LKTI dan memberikan tips juga agar LKTI bisa lolos saat mengikuti sebuah lomba. LKTI yang dihasilkan oleh peserta pun, kemudian dikoreksi bersama-sama dalam acara tersebut.

Penulis: Desi Natalia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu