Upaya Tingkatkan Prestasi Komikat Kerohanian Islam PSDKU Bentuk Grup Banjari

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PARA Pemain Hadrah Al – Qadr KKI PSDKU UNAIR Banyuwangi usai acara (Foto : Arsip KKI)

UNAIR NEWS – Kompetensi Komunitas Minat dan Bakat (Komikat) di PSDKU Universitas Airlangga terus ditingkatkan. Hal tersebut berkaitan dengan segera diadakannya akreditasi terhadap Komikat. Salah satu yang berupaya meningkatkan kompetensinya adalah Komikat Kerohanian Islam (KKI).

KKI pada tahun ini membentuk grup hadrah Banjari. Pembentukan grup hadrah itu bertujuan untuk menambah prestasi KKI ke depannya. Dengan adanya grup hadrah yang dinaungi Departemen Seni Religi Islam, diharapkan dapat menorehkan prestasi yang dapat menambah nilai saat akreditasi kelak.

Muhammad Roisudin Fanani mahasiswa Akuntansi angkatan 2017, selaku Koordinator Grup Hadrah Banjari mengatakan bahwa pembentukan grup ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi komikat. Prestasi tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai salah satu kriteria penilaian dalam akreditasi Komikat.

“Untuk grup hadrah Banjari sendiri baru terbentuk tahun ini, pembentukan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi Komikat, mengingat setelah ini kami akan ada akreditasi Komikat, sehingga dengan adanya grup Banjari diharapkan mampu menorehkan prestasi dalam perlombaan Festifal Banjari yang banyak digelar,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Fafa tersebut.

Grup Banjari yang baru terbentuk itu, jelasnya, memiliki nama Al-Qadr. Kegiatannya, sambung Fafa, berupa latihan rutin yang selalu diadakan setiap hari Senin malam. Selain untuk menorehkan prestasi, tujuan dibentuknya grup hadrah Al-Qadr adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa.

“Selain untuk menyiapkan delegasi PSDKU Universitas Airlangga jika ada perlombaan festival banjari atau menjadi pengisi acara dalam peringatan hari besar islam, dibentuknya grup Al – Qadr juga bertujuan untuk mempererat talisilaturahmi antar mahasiswa,” lanjut mahasiswa asal Nganjuk tersebut.

Selama ini, ungkap Fafa, grup hadrah Banjari Al-Qadr sudah tampil dalam berbagai acara yang diadakan PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Fafa menceritakan bahwa grup Al-Qadr tampil perdana dalam acara peringatan Dies Natalis UNAIR yang ke 64, dan kemudian sering tampil dalam acara internal seperti buka bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat, AUBMO, dan lain sebagainya.

“Pengalaman tampil perdana kami adalah saat diminta mengisi acara diesnatalis UNAIR yang ke 64 yang diselenggarakan di Stadion Diponegoro Banyuwangi. Alhamdulillah, acaranya lancar dan sekarang kami sering tampil dalam berbagai acara internal,” pungkasnya. (*)

Penulis: Dian Pratama
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu