PBA PSDKU Banyuwangi Wujudkan Mahasiswa Gemar Membaca Quran

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana seleksi PBA di Kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pembinaan Baca al Quran atau yang sering dikenal PBA merupakan kegiatan rutin yang diadakan Universitas Airlangga setiap tahunnya.  Kampus berslogan excellence with morality ini mengangkat PBA sebgai wadah pembinaan bagi mahasiswa untuk belajar membaca al Quran dengan lafal yang benar. Seleksi PBA tahun ini dilaksanakan oleh kampus UNAIR PSDKU di Banyuwangi pada Senin (16/9), di ruang B201 kampus Giri, Banyuwangi.

Peserta seleksi dihadiri oleh seluruh mahasiswa UNAIR PSDKU di Banyuwangi dari fakultas Kesehatan Masyarakat, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Hewan, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan yang beragama muslim. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi PBA tahun ini mengalami peningkatan dari tahun kemarin.

“Yang membuat saya terkesan dari seleksi PBA tahun ini yaitu jumlah peserta seleksi yang meningkat sebanyak 170 anak dari empat fakultas yang ada, apalagi mereka sebagian besar datang tepat waktu yang membuat kami (mentor) kewalahan saat menyeleksi,” ungkap Shona selaku ketua pelaksana kegiatan PBA tahun ini.

Hasil dari seleksi, jelasnya, akan dipetakan ke dalam kelas-kelas sesuai dengan kemampuan baca al Quran peserta seleksi. Kelas akan dipetakan menjadi 3 kelas yakni kelas A, B, dan C. Tujuan dari pembedaan  ketiga kelas tersebut, lanjut Shona, untuk memudahkan mentor dan mente saat pembekalan baca al Quran berlangsung.

Selanjutnya, Shona juga memaparkan bahwa pelaksanaan PBA akan dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan, yang terdiri dari perkenalan dengan mentor di awal pertemuan, delapan kali pembinaan, dan pertemuan terakhir akan ditutup dengan Tahsin.

“Selama pertemuan juga akan dilaksanakan test sebanyak dua kali yakni midterm test dan last test pada saat tahsin. Agenda pertemuan akan disepakati oleh mentor dan mentee,” jelasnya.

Pelaksanaan pembinaan baca al Quran sendiri, sambungnya, merupakan upaya bagi kampus untuk mewujudkan mahasiswa yang excellence with morality. Disamping itu, harapannya dari pelaksanaan PBA tahun ini, ingin agar mahasiswa terbiasa untuk membaca al Quran.

“Harapan saya, ke depannya agar mahasiswa dapat terbiasa membaca al Quran dari pembinaan ini, karena pahala yang didapat juga berlipat gandanya sesuai dengan Hadist riwayat Ad Darimy dan disebutkan pula didalam kitab Silsalat Al Hadits Ash Shahihah no. 660 bahwasanya Pelajarilah al Quran, karena sesungguhnya setiap hurufnya 10 kebaikan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Dewi Masluqiyah
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

Nuri Hermawan

Nuri Hermawan

Leave Reply

Close Menu