Galang Solidaritas Maba PSDKU 2019 Usung Nama Abbiya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Tim Abiyya

UNAIR NEWS – Setiap Angkatan di PSDKU Universitas Airlangga, selalu memiliki nama angkatan. Hal tersebut diawali dari angkatan 2016 yang mengusung nama Kuwung yang artinya pelangi. Sedangkan angktan selanjutnya yakni angkatan 2017 memiliki nama Setingkes yang artinya satu ikatan. Namun, angkatan 2018 sendiri masih belum memiliki nama.

Nama angkatan dimaksudkan agar terjalin solidaritas yang kuat antar fakultas dalam satu angkatan. Hal itu, dikarenakan PSDKU hanya terdiri dari empat Program Studi, sehingga dalam lingkup yang kecil, diharapkan persatuan dan kesatuan tetap terjaga, sehingga harmonisasi dalam mencapai tujuan tetap terjaga dengan baik.

Untuk itu, angkatan 2019 mengangkat nama Abbiya. Abbiya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya pemberani. Melalui nama ini diharapkan keberanian dalam meraih prestasi menjadi semakin kuat dan membara.

Pemberian nama angkatan ini dilakukan dalam serangkaian acara Viva Outer Divison (VOD) 2019. Clementino Bramedsa mahasiswa akuntansi angkatan 2019, sebagai Komandan Angkatan (Komtang) 2019 mengatakan bahwa nama Abbiya dipilih setelah beberapa pertimbangan dan diskusi dengan teman seangkatannya.

“Ide nama itu didasarkan atas diskusi saya dengan Wakil Komtang yang awalnya mengerucut menjadi dua nama, Abiyya dan Anantavrya. Lalu kami memutuskan alangkah baiknya jika kita menyerahkan pemilihan nama ini melalui voting kepada teman teman seangkatan, dan akhirnya terpilih Abbiya,” ujar mahasiswa yang akrab dipanggil Bram tersebut.

Selain memiliki nama, lanjut Bram, mahasiswa baru angkatan 2019 juga membuatkan logo untuk angkatannya. Logo tersebut berupa gambar garuda dan didadanya ada sebuah bintang. Sebagaimana dikatakan oleh Bram, gambar garuda dipilih karena sebagai refleksi dari lambang UNAIR, sehingga warnanya biru dan kuning seperti warna bendera UNAIR.

“Burung garuda itu kami ambil dari lambang UNAIR sendiri, pada intinya logo Abbiya adalah simplifikasi dari garuda mukti. Sedanhkan bintang yang berada ditengah garuda itu adalah harapan kami, agar angkatan 2019 ini menjadi bersinar untuk berproses lebih tinggi (meraih prestasi Red),” imbuh mahasiswa akuntansi itu.

Sebagai langkah awal dalam mewujudkan cita-cita angkatan 2019 tersebut, sambungnya, angkatan Abiyya mengadakan event angkatan. Kegiatan yang digelar adalah pengabdian masyarakat, yang terdiri dari donor darah dan bazar.

“Selain bersinar, kami sadar bahwa Ksatria Airlangga juga harus peduli dengan sesama. Karenanya, sebagai langkah awal kami mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat,” pungkasnya. (*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).