Tingkatkan Mentalitas Kerja Mahasiswa, HIMA Perpajakan Gelar Tax Upgrading

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – HIMA Perpajakan Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Tax Upgrading yang ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja pada Sabtu (14/9/19). Acara yang digelar di Aula Parlinah Perpustakaan Kampus B tersebut dihadiri dua pembicara utama. Yakni, Natasha Keniraras selaku Top 16 Miss Indonesia 2019 serta Drs. Tubiyono M.Si selaku dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sekaligus Bidang Kerja Sama PPKK UNAIR.

Materi pertama diisi Natasha Keniraras mengenai bagaimana meningkatkan kepercayaan diri serta mengembangkan attitude kerja di lapangan. Sesi yang berjalan santai tersebut dibuka dengan lika-liku perjalanan Natasha hingga menjadi Top 16 Miss Indonesia 2019.

“Jika kalian pikir saya adalah orang yang penuh percaya diri dari lahir, dengan predikat saya sebagai finalis Miss Indonesia, kalian 100 persen salah. Bahkan hingga sekarang, mengisi materi pada acara ini pun saya masih merasa grogi,” ungkapnya.

Natasha menuturkan bahwa rasa grogi maupun ketidakpercayaan diri adalah hal yang wajar dirasakan oleh semua orang. Namun, yang terpenting adalah bagaimana cara kita agar dapat mengatasinya. Natasha menerangkan bahwa salah satu hal yang dapat mengatasi rasa grogi adalah dengan memahami seluk beluk agenda yang akan diikuti.

Dalam dunia kerja, penguasaan materi serta lingkungan kerja adalah pasal yang dapat mengatasi ketidakpercayaan diri tersebut. Semakin kita memahami sekitar, maka akan semakin siap kita dalam menghadapi orang-orang maupun tantangan.

Selain itu, Natasha juga membagikan tipsnya mengenai bagaimana cara menjalin relasi dan menjalankan attitude kerja yang benar, khususnya pada program magang.

“Jauhi zona nyamanmu. Jika pada jam kerja usahakan jangan hanya bergaul dengan kawan-kawan sepermagangan, cobalah untuk mengenal karyawan-karyawan yang lain. Sehingga kelak kalian akan tau atmosfer kerja, dan memahami bagaimana cara mengatasinya.” Tuturnya.

Setelah Natasha Keniraras, materi selanjutnya diisi oleh Drs. Tubiyono yang membawakan tema Langkah Awal Memasuki Dunia Kerja. Pada materinya Drs. Tubiyono menekankan mengenai pentingnya berorganisasi saat berada di bangku perkuliahan.

“Lingkungan yang hampir mendekati dunia kerja itu ya organisasi. Di sana kalian bisa mendapat berbagai benefit, mulai membangun relasi, melatih public speaking, hingga mampu mempertebal kepercayaan diri Anda” Ungkapnya.

Di lain sisi, Drs. Tubiyono juga mengingatkan agar para mahasiswa perpajakan mampu untuk mengenali peluang serta mengembangkan potensinya.

“Kenali peluang, kalau mau jadi pengusaha, lihat pasar. Jika ingin menjadi pegawai yang sukses kembangkan potensi dirimu. Kalau kuliah di perpajakan ya hendaknya mencari pekerjaan yang linier agar hasilnya maksimal,” tuturnya.

M. Rigel Ervinosa, ketua HIMA Perpajakan di awal acara menuturkan bahwa agenda tersebut secara keseluruhan merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa D3 Perpajakan UNAIR dalam rangka mengakomodasi kebutuhan mahasiswa mengenai peningkatan kualitas diri serta softskill. Khususnya bagi mereka yang akan menghadapi program magang. (*)

Penulis: Intang Arifia

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).