Rista Wakili UNAIR PSDKU di Ajang Duta Pemuda Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rista (kerudung hitam) bersama Duta Pemuda Banyuwangi lainnya dalam pelaksaan tugas di A&R Banyuwangi (Foto Dokumen Pribadi)

UNAIR NEWS – Duta atau yang bisa disebut orang yang mewakili suatu negara atau wilayah di negara atau wilayah lain untuk melakukan suatu tugas khusus. Ada banyak bentuk kedutaan di Indonesia, baik secara formal ataupun informal, di dalam pemerintahan maupun instansi biasa seperti universitas. Tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Pada bulan Agustus lalu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi bersama organisasi di dalamnya, yaitu Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) membuka seleksi baru untuk calon Duta Pemuda Banyuwangi. Seluruh pemuda dan pemudi berdomisili di Kabupaten Banyuwangi melewati tahap seleksi hingga lolos menjadi 14 besar pada tahap akhir. Pesertanya pun beragam, mewakili Kecamatan masing-masing mulai dari Wongsorejo, Rogojampi, Kalibaru, hingga Kecamatan Banyuwangi sendiri.

Salah satu peserta yang lolos adalah Rista Meilia Pratiwi, mahasiswi yang kini menginjak semester tujuh di program studi S1 Akuntansi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi. Rista berhasil melewati tiga tahapan tes dimulai dari tes administrasi, tes wawancara, hingga tes minat bakat yang dikemas dengan acara karantina di Gedung Pramuka pada tanggal 24 Agustus 2019 kemarin.

Setelah berhasil melewati tes dan karantina, mahasiswi asli Banyuwangi yang akrab disapa Rista ini dianugerahi dengan gelar Duta Pemuda Banyuwangi di peringkat ketiga dari belasan peserta lainnya. Hal itu, amat membanggakan mengingat Rista merupakan satu-satunya perwakilan dari PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi dan berhasil terpilih dari mahasiswi universitas-universitas lain yang turut serta.

“Sebenarnya sama sekali nggak nyangka bakal terpilih karena dari banyak peserta, yang diambil itu cuma sedikit, tiga orang cewek dan tiga orang cowok. Tapi setelah diumumkan kemarin, dijelaskan juga peroleh skornya dan ternyata aku masuk urutan ketiga, menyingkirkan banyak cewek-cewek lain yang menurutku lebih pantas karena notabenenya mereka duta juga di kampus mereka masing-masing,” jelas Rista mengenai perasaannya saat dinobatkan menjadi salah satu Duta Pemuda Banyuwangi pada UNAIR NEWS (13/09).

Lebih lanjut, Rista berharap dapat menjadi individu yang lebih baik lagi. “Yang terpenting juga semoga Duta Pemuda Banyuwangi ini bisa lebih dikenal masyarakat Banyuwangi sendiri karena jarang masyarakat yang tahu tentang hal ini,” pungkas Rista menutup wawancara.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).