Pelatihan Karir PPKK UNAIR Tingkatkan Kesiapan Mahasiswa Masuki Dunia Kerja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Maria Eko saat memberikan materi dalam pelatihan karir di Aula Psikologi, Sabtu (14/9). (Foto: istimewa)
Dr. Maria Eko saat memberikan materi dalam pelatihan karir di Aula Psikologi, Sabtu (14/9). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan seminar dan pelatihan karir bertajuk “Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja” di Aula Psikologi Kampus B UNAIR pada Sabtu (14/9/19). Acara tersebut merupakan agenda rutin PPKK untuk mempersiapkan karir mahasiswa UNAIR setelah lulus.

Dalam pelatihan itu, peserta mendapat wawasan terkait dunia kerja. Mulai soal proses seleksi, membranding CV, tuntutan kerja, hingga tips menghadapi pimpinan beda generasi. Materi disampaikan langsung oleh narasumber-narasumber yang telah berpengalaman. Di antaranya, Dr. Maria Eko Sulistyowati, MM. Psikolog, LCPC; Lastiko Endi Rahmantyo, SS., M. Hum.; Dr. Hamidah, M. Si. Psikolog; dan Trinton Tunggorrono selaku Human Capital di PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

“Supaya mereka tahu dunia di luar itu seperti apa iramanya, macamnya, perkembangannya. Makanya kita selalu mendatangkan narasumber dari luar. Selain internal sendiri, kita juga mengundang dari  beberapa perusahaan biar tahu ada perubahan gaya seleksi, aturan-aturan, dan tuntutan seperti apa,” jelas Dr. Hamidah, M. Si. Psikolog, koordinator Departemen Pelatihan dan Konseling PPKK.

Salah satu yang perlu disiapkan, yaitu asesmen psikolog. Menurut Dr. Maria Eko, hal sedetail mungkin dari penampilan dapat mempengaruhi penilaian. “Kuku jari tidak rata dan hitam. Meskipun itu cuma satu, menandakan orang itu mudah gugup. Jadi, apa yang tampak di awal itu bisa mencerminkan diri kita,” ungkapnya.

Sedangkan menurut Trinton agar mendapat penilaian lebih haruslah menjadi berbeda. “Kalian semua sama di hadapan pewawancara. Maka, jadilah yang berbeda agar dapat menarik perhatian. Pikirkan jawaban yang berbeda dari yang lain,” ujarnya.

Bukan hanya materi, pada akhir sesi, peserta dapat mengikuti tes psikolog. Bahkan, peserta dapat mengonsultasikan hasil tesnya.

Perlu diketahui, pelatihan karir diadakan oleh PPKK secara periodik setelah wisuda atau menjelang wisuda di UNAIR. Acara tersebut ditujukan kepada mahasiswa maupun alumni untuk memberikan bekal yang diperlukan saat memasuki dunia kerja. (*)

Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu