Dorong Kepedulian, BEM FKP UNAIR Adakan Kegiatan Donor Darah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH satu peserta melakukan donor darah di Aula Bawah Masjid Ulul Azmi pada Selasa (10/9/2019). (Foto: Istimewa)
SALAH satu peserta melakukan donor darah di Aula Bawah Masjid Ulul Azmi pada Selasa (10/9/2019). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – GENCORPS FKp UNAIR bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya mengadakan kegiatan donor darah di Aula Bawah Masjid Ulul Azmi pada Selasa (10/9/2019). DONDA (Donor  Darah) merupakan salah satu program kerja dari BSO BEM FKP UNAIR Green Nursing Corps (GENCORPS) yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

Kali ini kegiatan itu mengusung tagline “Be a Hero and Save Human’s Life”. Terbuka untuk umum serta dilaksanakan mulai jam 08.00 sampai dengan 12.00. Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan harapan hidup serta meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa.

Mekanisme pendaftarannya bisa langsung registrasi kepada panitia. Ada beberapa persyaratan seperti misalnya calon pendonor harus tidak sedang menstruasi, apabila lolos dilanjutkan skrining berat badan, dan pengecekan HB. Setelah Semuanya Selesai, pendonor tinggal menunggu panggilan dari panitia.

Rahmalia Hidayanti yang menjadi penanggung jawab kegiatan donor darah tersebut mengungkapkan, seharusnya PMI bisa mengusahakan untuk ada dua sesi kegiatan karena bersifat umum sehingga biasanya pendonor banyak. Jadi, biasanya panitia kekurangan waktu untuk menjangkau semua peserta.

Selanjutnya, Mutiara Citra Dewi sebagai ketua GENCORPS 2019 mengatakan bahwa kegiatan DONDA tahun lalu hanya difokuskan kepada FKp UNAIR. Namun kami berharap masyarakat umum  lebih mengenal kegiatan kami yang bergerak pada lingkungan hidup dan medis.

Kegiatan donor darah sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit seperti jantung, kanker, dan bisa membuat tubuh melakukan regenerasi. Selain bisa membantu untuk meningkatkan ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI), aksi sosial tersebut bertujuan mendorong gaya hidup sehat masyarakat melalui kegiatan donor darah. (*)

Penulis: Anugrah Visar Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu