SA Holmium Tawarkan Desain Fiber Laser yang Sederhana dan Handal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh alamy stock foto

Dalam beberapa tahun terakhir, saturable absorber (SA) pasif telah mendapatkan perhatian luar biasa dari para peneliti di bidang laser terutama dalam pembangkitan fiber laser pulsa pendek stabil di daerah 2-mikron. Laser pulsa  ini memiliki fitur aman untuk mata (eye-safe), lebar pita tertala lebar dan penyerap air tinggi. Selain itu, fiber laser tersebut juga cocok untuk berbagai aplikasi laser, termasuk operasi medis, pengelasan polimer, penginderaan gas, deteksi cahaya dan jarak jangkauan (LIDAR) serta telekomunikasi ruang-bebas. Namun, penemuan baru-baru ini tampaknya lebih fokus pada daya puncak tinggi fiber laser pulsa mode-locked picosecond (ps) or femtosecond (fs) dan telah meninggalkan fiber laser nanoseoncd. 

Pada umumnya, fiber laser pulsa nanosekon telah menghasilkan daya puncak yang jauh lebih rendah dan energi pulsa yang jauh lebih besar. Dalam laporan awal, pulsa nanosekon telah berhasil  ditunjukkan dengan menggunakan SA lapisan polimer-nanotube dalam rongga fiber laser Ytterbium-doped (YDFL). Panjang rongga tambahan telah digunakan di dalam resonator untuk meningkatkan energi pulsa dan lebar pulsa yang menyebabkan daya puncak berkurang. Xia dkk telah berhasil menunjukkan pulsa nanoseconds dalam fiber laser Erbium doped (EDFL) dengan memasukkan SA lapisan graphene monolayer SA.

Di dalam penelitian ini, telah berhasil dibuat dan dibandingkan fiber laser pulsa yang diimbas oleh SA lapisan PVA Holmium oksida (HOPF, tebal 50 µm) dan fiber terdoping-Holmium (HDF, panjang 8 cm) di dalam ronggan fiber laser terdoping-Thulium (TDFL). Hasil eksperimen menunjukkan bahwa SA HOPF telah menghasilkan pulsa nanosekon pada panjang gelombang 1960nm dan lebar pulsa 57 ns. Sementara itu, SA HDF telah menghasilkan laser pulsa pada panjang gelombang 1963 nm dan lebar pulsa 53 ns. SA HDF telah menghasilkan energy pulsa sedikit lebih baik (0,87 nJ) dibandingkan dengan SA HOPF yang hanya 0,62 nJ. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, fiber laser pulsa berbasis SA Holmium telah menawarkan disain fiber laser yang sederhana, kompak dan handal untuk menuju dikembangkannya sistem sumber cahaya laser yang portabel. 

Penulis: Moh Yasin

Berikut link terkait artikel populer di atas:

https://www.researchgate.net/publication/265910731_A_review_of_recent_progress_in_holmium-doped_silica_fibre_sources

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu