Logam Tembaga untuk Pembangkitan laser

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Investasi Kontan

Fiber laser merupakan sumber cahaya laser yang mempunyai panjang gelombang di daerah 1500-1950 nm. Di daerah panjang gelombang ini merupakan hal yang sangat menarik karena fiber optic mempunyai pelemahan yang minimal, sehingga sangat cocok digunakan untuk komunikasi optic dan juga sebagai komponen fiber sensor.

Fiber laser pulsa yang sekarang ini dikembangkan adalah Q-Switched fiber laser yang mempunyai lebar pulsa berorode nanosecond (ns) dan mode-locked fiber laser yang mempunyai lebar pulsa berorde picosecond (ps) sampai femtosecond (fs). Fiber laser ultrafast (ps) merupakan bidang penelitian yang sangat aktif dalam bidang fotonika. Mode-locking dapat dicapai dengan menggunakan saturable absorber (SA) pasif.

Walaupun telah banyak digunakan beberapa SA untuk membangkitkan pulsa pendek, tetapi masih banyak bahan SA baru yang digali untuk fiber laser ultrafast dalam pita panjang gelombang yang baru (2-mikron). 

Di dalam penelitian ini, penulis bersama tim telah berhasil mendemonstrasikan pembangkitan fiber laser terdoping-Thulium mode-locked dengan menggunakan bahan SA baru berbasis lapisan tipis tembaga (Cu).  Bahan SA dibuat dengan mendepositkan partikel Cu berukuran nano ke permukaan lapisan polivinil alkohol (PVA) melalui proses penguapan E-Beam.

Laser pulsa mode-locking stabil pada panjang gelombang 1951 nm berhasil dibangkitkan dengan memasukkan bahan SA yaitu Cu PVA kedalam rongga laser. Laser pulsa yang dibangkitkan pada frekuensi 8,5 MHz dengan perhitungan lebar pulsa minimum 14,8 ps. Demosntrasi ini membuktikan bahwa SA berbasis Cu PVA adalah sesuai untuk pembangkitan fiber laser mode-locked di daerah 2 µm. Hasil penelitian ini jelas membuktikan bahwa logam tembaga dapat diaplikasi sebagai bahan SA yang baik untuk pembangkitan laser pula mode-locking. 

Penulis: Moh. Yasin

Berikut link terkair artikel populer di atas: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/09500340.2019.1622048

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).