Kini Melamar di BUMN Jadi Lebih Mudah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FOTO bersama setelah acara Airlangga Career Week 2019 bersama PT Pegadaian (Persero) yang diadakan oleh BEM UNAIR. (Dok. Pibadi)

UNAIR NEWS – Kementrian Pengembangan Profesi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan acara Airlangga Career Week 2019. Acara tersebut diselenggarakan Sabtu (7/09/2019) bertempat di student center co-working space Apartemen Taman Melati. Mengusung tema Good Job for Good People 4.0, acara tersebut bertujuan mengedukasi generasi milenial agar hard skill dan soft skill berevolusi seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0.

PT Pegadaian (Persero) mengawali acara dengan memberikan promosi mengenai program tabungan emas. Tujuannya, mengajak anak muda mulai berinvestasi sejak dini. Selanjutnya, perwakilan dari pihak BUMN Supriyanto, S.E., M.E. selaku pimpinan wilayah XII Surabaya Pegadaian menyampaikan materi tentang “Bagaimana Strategi Fresh Graduate Lolos BUMN pada Era Industi 4.0”.

Supriyanto menerangkan bahwa ada 143 BUMN di Indonesia yang memiliki dua tugas penting. Pertama, menjadi agen pencipta nilai. Setiap BUMN diwajibkan mengejar laba sebagai pemasukan APBN untuk membiayai fasilitas negara. Kedua, BUMN menjadi agen pembangunan untuk membangun ekonomi kerakyatan, menyalurkan dana bergulir untuk perkembangan pengusaha kecil.

PT Pegadaian Persero merupakan salah satu BUMN di Indonesia sejak tahun 1746. Terdapat 13.480 pegawai Pegadaian saat ini. Sebanyak 61% dari total pegawai merupakan kaum milenial di bawah usia 30 tahun.

“Transformasi Pegadaian saat ini mengikuti perkembangan zaman industri 4.0. Jadi semua aktivitas dan laporan terdokumentasi secara online melalui sistem,” pungkasnya.

Supriyanto mengatakan bahwa kaum milenial yang ingin bergabung dengan Pegadaian harus memiliki integrity, mutual trust, customer focus dan social value. Setiap individu harus konsekuen terhadap tuturan dan tindakan, jujur, tulus, dapat mengetahui kemauan konsumen, dan peduli pada lingkungan.

Fresh graduate tidak perlu repot ke kantor Pegadaian untuk melamar pekerjaan. Sekarang melamar kerja BUMN bisa melalui website www.bumn.go.id atau bisa juga melalui https://pegadaian.com,” tuturnya.

“Kalian hanya ketik link itu, nanti ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Kemudian ada serangkaian tes psikologi online, membuat video presentasi, bahkan bisa juga interview dilakukan melalui video call,” imbuhnya.

Menurutnya syarat lolos menjadi pegawai BUMN tidak hanya dilihat melalui IPK, namun banyak faktor lain yang juga dinilai. Belum tentu nilai IPK tinggi diterima karena BUMN sebenarnya mencari generasi milenial yang berkompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Semua latar belakang pendidikan dapat diterima. Yang terpenting orang tersebut bisa lolos setiap tahapan tes.

“Kalian yang masih mahasiswa bahkan anak SMK juga bisa magang di BUMN selama enam bulan dan mendapat penghasilan. Caranya, ya, kalian hanya buka link seleksi tes magang di website BUMN. Atau bisa juga menjadi agen pegadaian untuk mencari nasabah haji, bisa dapat uang cash 250 ribu rupiah terlepas dari tes rekrutmen magang,” ungkap Supriyanto.

Di akhir sesi materi, Supriyanto memberikan tabungan emas gratis kepada seluruh peserta yang hadir. (*)

Penulis : Nivke Sabatimy

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).