Ingin Lestarikan Budaya Melalui Tari dan Tulisan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Celine Anjanette, Wisudawan Terbaik S1 Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik. (Ilustrasi: Feri Fenoria Rifai)

UNAIR NEWS – Celine Anjanette mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menjadi salah satu wisudawan terbaik pada wisuda periode September 2019. Torehan tersebut berhasil diraih berkat capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang mencapai angka 3,82.

Pada skripsi berjudul Konstruksi Femininitas Pria Homoseksual dalam Boys Love (Analisis Semiotika terhadap Komik Jepang Romantic Joutou), Anette begitu ia disapa, mengambil topik yang menitik beratkan kepada persoalan genderdengan dibaca menggunkan metode pemaknaan tanda atau semiotika. Anette mengungkapkan, latar belakang pengambilan judul tesebut dikarenakan ia ingin mengetahui seseorang dikatakan “feminin” dan “maskulin”.

“Sedari kecil memang saya selalu ingin tahu dan bertanya tentang persoalan gender, terutama mengapa seseorang bisa dilabel sebagai “feminin” dan “maskulin”, seperti apa batasannya,” ungkap Anette.

Mengisi kegiatan di luar perkuliahan, Anette mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Kegiatan Tari dan Karawitan (UKTK). Mahasiswi kelahiran Surabaya tersebut telah menghasilkan beberapa karya berkat amanah yang didapat sebagai penata tari. Anette mengungkapkan, salah satu karyanya adalah Makarya Bareng Airlangga(Mareng Airlangga) yang memiliki filosofi “berkarya bersama teman-teman dan Airlangga”

“Tarian yang berfilosofi ‘berkarya bersama teman-teman dan Airlangga’ ini membuat saya selalu ingat bahwa tamatnya kuliah dan tercapainya prestasi-prestasi kita tidak mungkin tanpa bantuan dan dukungan orang di sekitar kita, terutama keluarga dan teman-teman,” imbuhnya.

Selain aktif di UKM, Anette juka aktif bekerja di redaksi Panjebar Semangat, sebuah majalah mingguan yang menggunakan bahasa Jawa. Ia ingin melestarikan bahasa Jawa di tengah ragam budaya yang masuk di Indonesia serta ingin lebih mendalami bahasa Jawa.

“Keingintahuan saya tentang budaya Jawa-lah yang menggiring saya ke sini. Selain itu saya merasa harus terjun langsung dalam pelestarian bahasa dan budaya Jawa, khususnya melalui media cetak,” ujar Anette.

Tak lupa Anette membagikan tips untuk menjadi wisudawan terbaik di tengah kesibukan yang dijalani. Menurutnya, menyusun skala prioritas adalah kuncinya.

“Cukup tetapkan prioritas dan tegaskan pada diri sendiri mana yang harus dilakukan karena wajib, dan mana yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri,” pungkasnya. (*)

Penulis: Faisal Dika Utama

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu