Bangkitkan Semangat Mahasiswa Baru, VOD PSDKU 2019 Usung Tema Excelsior

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi VOD oleh Bastian Ragas

UNAIR NEWS – Viva Outer Division (VOD) merupakan kegiatan pengenalan lingkungan kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi. Tahun ini, VOD mengusung tema “Excelsior” yang berarti menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Ditemui UNAIR NEWS  pada pekan lalu, Afton Wallady selaku ketua pelaksana VOD memaparkan maksud dan tujuan yang ingin dicapai pada VOD tahun ini. Selain untuk mengenalkan kehidupan kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi, VOD dilaksanakan untuk menstimulus mahasiswa baru untuk memiliki semangat juang yang tinggi.

“Mahasiswa baru tentu masih cenderung merasakan kondisi seperti saat di SMA, jadi VOD disini dimaksudkan secara umum untuk mengenalkan kehidupan kampus dan secara khusus memberikan dorongan kepada mahasiswa baru untuk terus semangat menimba ilmu di kampus melalui berbagai cara, misalnya dengan berorganisasi,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Afton tersebut.

VOD dilaksanakan tiap akhir pekan, dengan sub tema berbeda tiap pertemuannya. Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, “Revolusi Golongan Muda “menjadi sub tema VOD pada hari pertama.

VOD hari pertama diisi dengan materi tentang PSDKU dan konferensi dan publikasi mahasiswa PSDKU untuk mendukung UNAIR 500 World Class University. Sesuai sub tema yang diusung,  tak lupa materi tentang organisasi budi utomo diberikan kepada mahasiswa baru.

“VOD hari pertama mengusung sub tema tersebut (Revolusi golongan muda, Red) karena euforia peringatan kemerdekaan RI tentu masih lekat diingatan. Kita berharap mahasiawa baru memahami dengan baik bagaimana untuk menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri khususnya, mewarisi semangat budi utomo,” ujar mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) tersebut.

Afton mengungkapkan harapan untuk keberlangsungan VOD tahun ini menjadi jembatan untuk membantu mahasiswa baru menjalani masa-masa transisi. Selain itu, mahasiswa baru tahun ini diharapkan mampu melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di PSDKU Banyuwangi.

“Harapan saya dan panitia VOD semoga mahasiswa baru bisa tampil dan menyuarakan aspirasi dalam pikiran meraka, sehingga mahasiswa tidak terkungkung dalam bangku perkuliahan dan menjadi takut ketika nantinya kembali ke masyarakat. Salah satu caranya dengan berorganisasi,” pungkasnya.

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

Nuri Hermawan

Nuri Hermawan

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu