Facebook Dapat Dijadikan Media Pengembangan Layanan Perpustakaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh suara.com

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat popular dan telah merambah ke seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia maupun dunia. Tak terkecuali di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi.

Saat ini, perpustakaan berusaha untuk memberikan layanan yang maksimal kepada penggunanya.  Bagi perpustakaan perguruan tinggi seperti Universitas Airlangga (UNAIR) yang juga berorientasi kepada pengguna, kehadiran facebook memberikan dampak yang besar. Pasalnya, facebook dapat memudahkan interaksi antara pemustaka dengan pustakawan tanpa terikat oleh batas-batas geografis yang ada. 

Facebook secara efektif dapat memberikan informasi dengan mudah dan cepat kepada anggota perpustakaan. Keberadaan facebook dinilai dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai information dan knowledge center dalam menyebarkan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Sejak tiga tahun pertama dibuat, banyak pengguna yang bergabung menjadi anggota facebook perpustakaan UNAIR. Sebagian besar pengguna memanfaatkan facebook perpustakaan UNAIR untuk memenuhi kebutuhan informasinya terkait kegiatan perpustakaan UNAIR.

Motif pengguna dalam memanfaatkan akun facebook perpustakaan UNAIR bermacam-macam. Berdasarkan urutan tertinggi, ialah untuk mencari informasi tentang perpustakaan dengan tujuan untuk mengetahui seluk-beluk perpustakaan, bersosialisasi, mencari informasi yang sedang trending, menginformasikan berita terkini, tempat bertukar informasi, agar tetap eksis, serta mencari informasi terkait hobi mereka.

Facebook memang sangat memungkinkan perpustakaan UNAIR untuk menyediakan informasi kepada pengguna perpustakaan. Informasi-informasi tersebut bervariasi dan dinilai relevan dengan kebutuhan pengguna perpustakaan UNAIR. Seperti, agenda kegiatan perpustakaan, berita terkini hingga informasi mengenai pekerjaan.Selain itu, facebook juga dapat menjadi tempat bertukar informasi.

Facebookjuga dinilai sebagai media yang lebih update daripada media lainnya. Melalui facebook, pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan perpustakaan UNAIR karena dibekali dengan berbagai fitur seperti chatting, tag foto, blog, game, dan update status.

Mayoritas pengguna berkunjung ke beranda facebook perpustakaan UNAIR satu hingga dua kali seminggu. Dengan lama kunjungan kunjungan kurang dari 15 menit, artinya meraka menghabiskan waktu kurang dari 10 jam per bulan untuk mengakses informasi di facebook.

Pengguna perpustakaan UNAIR merasakan banyak manfaat setelah bergabung menjadi anggota facebook perpustakaan UNAIR.Pengguna mengaku mendapatkan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan perpustakaan, mendapatkan informasi tentang perpustakaan, mendapatkan banyak teman, dan beberapamengatakan dapat memperluas wawasan umum dan bertukar informasi.

Berdasarkan temuan pada penelitian ini, melalui sosial mediafacebook,perpustakaan UNAIR mampu menyediakan  informasi yang dicari oleh pengguna dengan memperhatikan karakteristik sebuah informasi yang berkualitas, yaitu relevan dan up to date.

Tampilan informasi yang disajikan di beranda facebook perpustakaan UNAIR pun mendapatkan tanggapan positif dari pengguna perpustakaan UNAIR. Berbagai atribut yang ada di beranda facebook Perpustakaan UNAIR mulai dari warna, susunan interface facebook, kemasan informasi,hingga isi informasi itu sendiri mampu menciptakan rasa nyaman bagi pengguna perpustakaan UNAIR ketika mengakses.Dengan demikian, facebook dapat membantu anggota perpustakaan UNAIR untuk lebih mudah memahami informasi yang disajikan.

Dengan memanfaatkan media sosial facebook, perpustakaan UNAIR berusaha menjalin hubungan dengan pengguna.Sehingga pengguna akan merasa lebih dekat dan nyaman dengan perpustakaan. Meskipun begitu, perpustakaan juga harus terus memperbarui informasi karena motif utama pengguna adalah mencari informasi tentang perpustakaan. Dengan demikian, hubungan perpustakaan dengan pengguna akan tetap terjalin.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwamedia sosial facebook dapat menjadi media bagi perpustakaan untuk memberikan layanan yang maksimal dan sesuai dengan karakteristik perilaku penggunanya.Oleh karena itu,facebook bisa menjadi rekomendasi bagi perpustakaan lain untuk mengembangkan layanannya yang berorientasi pada pengguna.(*)

Penulis: Dessy Harisanty, S.Sos., M.A.

Reference : Harisanty, D. (2019), “Level of user satisfaction on the Facebook library”, Library Hi Tech News, Vol. 36 No. 3, pp. 7-8. 

Link : https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/LHTN-10-2018-0066/full/html

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).