Rayakan Dies Natalis ke-18, UKM KSR PMI UNAIR Gelar Donor Darah dan Bakti Sosial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan donor darah dan bakti sosial di Kantor Kelurahan Mulyorejo, Minggu (1/9/2019).  Kegiatan tersebut merupakan bagian dari serangkaian acara untuk merayakan Dies Natalis KSR PMI UNAIR Ke-18.

Aksi bakti sosial yang diadakan berupa cek kesehatan yang meliputi cek mata, gigi, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Dalam kegiatan itu, KSR PMI berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan optik Airlangga.  

“Hari ini ada cek mata, cek gigi sama anak FKG. Untuk cek mata ini dari optiknya langsung, dari instansi. Terus donor darah dari UTD nya PMI.  Lalu untuk cek kesahatan lain seperti tekanan darah, gula darah, asam urat, sama kolesterol, itu kita sendiri dari KSR yang cek,” terang Salasatien, ketua pelaksana kegiatan.

Berbeda dengan perayaan dies natalis tahun lalu, KSR PMI tahun ini ingin lebih memfokuskan pada masyarakat. “Dies natalis tahun lalu kita baksos di panti asuhan. Tahun ini kita mau ada variasi baru, yaa cek kesehatan itu tadi. Jadi, kita memfokuskan untuk masyarakat luas biar bisa bermanfaat bagi semuanya,” ujar mahasiswa administrasi negara itu.

Untuk donor darah, Salasatien juga menyebut ada perbedaan tempat dengan tahun lalu. Tahun ini, program kerja departemen pengabdian masyarakat KSR PMI tersebut menyasar kepada masyarakat umum.

“Donor darah ini kegiatan rutin tiap tahun. Nah, tahun lalu kita khususin ke wilayah UNAIR. Tepatnya di aula Student Center. Tahun ini, kita pilih kantor kelurahan Mulyorejo karena kita mencari wilayah yang dapat dijangkau oleh mahasiswa UNAIR dan khususnya masyarakat umum. Tapi, tidak menutup kemungkinan masyarakat di luar Mulyorejo juga bisa datang,” jelasnya.

Salasatien juga mengungkapkan harapannya untuk UKM KSR PMI ke depannya agar dapat lebih bermanfaat bagi semuanya. Bukan hanya aggotanya, tapi juga masyarakat sekitar. “Semoga KSR PMI dapat bermanfaat tidak hanya untuk UNAIR saja, tapi juga individu yang mengikuti organisasai dan kelompok-kelompok luar seperti masyarakat,” ungkapnya.

Perlu diketahui, rangkaian acara perayaan dies natalis UKM KSR PMI meliputi gathering alumni, kegiatan donor darah dan bakti sosial, serta malam puncak yang diadakan pada Sabtu (7/9) di Aula Student Center Kampus C UNAIR. (*)

Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).