Perdalam Cinta Al-Quran di Tahun Baru Hijriyah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
AFRI Ardianto saat memaparkan materinya di Masjid Nuruzzaman. (Foto : Pradnya Wicaksana)

UNAIR NEWS – Untuk merayakan Tahun Baru Islam 1441 H, UKM Kerohanian Islam (KI) menggelar acara pembinaan dan kajian bacaan Al-Quran yang bertajuk “Sambut Tahun Baru Hijriyah dengan Memperdalam Cinta Al-Qur’an”. Kegiatan itu bertempat di Masjid Nuruzzaman UNAIR Kampus B, pada Minggu (1/9/2019).

Acara itu menghadirkan Pembina Mahasiswa Masjid Ulul Azmi, Ust. Afri Ardianto, S.M, sebagai pemateri utama. Ia membuka materi dengan himbauan pendek tentang pelurusan niat kuliah para audiens. Materi utama yang dijelaskan adalah tentang sejarah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dan Al-Quran itu sendiri. Ia menjelaskan tentang peristiwa bersejarah bagi umat Islam tersebut dan hal-hal yang dapat diteladani dari itu.

Untuk memperingati peristiwa tersebut, Afri mengajak para audiens untuk lebih mencintai Al-Quran dan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam segala aspek hidup dengan benar dan hanya semata-mata karena Allah SWT.

“Mengutip sebuah hadist, Al-Quran itu layaknya pisau karena Al-Quran bisa memuliakan namun juga bisa menjatuhkan sebuah kaum,” tambahnya.

Sebelum menyudahi materi, beliau menjelaskan 5 hak Al-Quran yang hendaknya dipatuhi oleh umat Islam. Diantaranya, disimak, dibaca, dihafal, dipahami, dan diamal. Acara diakhiri dengan tanya jawab, pembagian doorprize, dan doa penutup.

Penulis : Pradnya Wicaksana

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).