FKM Dorong Dosen Perbanyak Tulis Artikel Populer Hasil Penelitian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Sejumlah rangkaian kegiatan memeriahkan perigatan Dies Natalis Ke-26 tahun Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) tahun 2019. Salah satunya, FKM menggelar workshop penulisan artikel populer ilmiah untuk kalangan dosen dan akademisi. Termasuk mahasiswa sebanyak 50 peserta.

Dilaksanakan pada Jumat, (30/8/2019) di Aula Sabdoabdi FKM UNAIR, workshop itu diisi oleh dua pemateri. Dimulai Rizqy Amelia Zein, S.PSI., M.SC selaku founder #SainsTerbukaAirlangga, selanjutnya materi disampaikan Maksum, DRS., M.SI. yang pernah menjadi Mantan Direktur Eksekutif The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP).

Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para dosen dan akademisi dalam menerjemahkan bahasa yang kompleks tulisan ilmiah menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. “Sebenarnya yang penting dari acara ini adalah teknis komunikasi sainsnya. Kita sebagai ilmuwan tidak hanya punya tanggung jawab publikasi hasil research pada kalangan akademisi saja, tetapi juga masyarakat. Supaya hasil research kita punya dampak sosial berupa informasi yang dapat digunakan orang yang memiliki kuasa untuk merumuskan suatu kebijakan untuk masyarakat,” tutur Rizqy.

Kepada peserta, Rizqy Amelia Zein, S.PSI., M.SC menekankan supaya bisa memilih method of delivery suatu hasil research dengan gaya komunikasi yang lebih sederhana. Tujuannya, masyarakat lebih tertarik dengan sains sehingga menganggap hal itu merupakan sesuatu yang menyenangkan dan mudah dipelajari.

Selanjutnya, Nabilah Bilqis S.KM. yang menjadi salah seorang peserta workshop mengungkapkan bahwa acara tersebut menyadarkan para akademisi untuk membuat suatu media komunikasi sains sebagai penghubung kepada masyarakat awam dengan karya ilmiah populer. Bukan hanya itu, peserta juga diajarkan bagaimana menjelaskan hasil research dengan gaya penulisan jurnalisitik sehingga bisa menulis dengan efektif.

“Saya berharap semakin banyak masyarakat umum yang tertarik dengan sains. Agar artikel ilmiah populer semakin banyak peminatnya dan masyarakat umum bisa mendapatkan manfaat dari membaca artikel tersebut,” ungkapnya. (*)

Penulis: Anugrah Visar Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).