D4 Radiologi Usung Kegiatan RENOGRAM

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa D4 Radiologi usai melakukan pengmas. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Seperti yang telah kita ketahui, pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan dimana suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam berbagai aktivitas tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun. Di Indonesia nilai pemerataan perekonomian belum maksimal dan tentunya dapat memengaruhi kualitas hidup masyarakat dalam berbagai hal, salah satunya kesehatan. 

Pada kesempatan ini, himpunan mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, Universitas Airlangga atau disebut dengan HIMARO, mengadakan sebuah kegiatan yang bertemakan “Pencegahan dan Pemulihan Penyakit dengan Menerapkan Pemenuhan Gizi”. Program ini dinamakan RENOGRAM (Radiology Health and Hygiene Education Program), dimana bertujuan untuk mengedukasi dan membantu mengatasi permasalahan masyarakat sekitar mengenai pentingnya pemenuhan gizi.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 24 & 25 Agustus 2019 di Dusun Pojok, Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Secara garis besar acara yang akan dilakukan adalah penyuluhan mengenai pentingnya pemenuhan gizi untuk mencegah dan memulihkan penyakit, yang disampaikan oleh salah satu dosen Fakultas Vokasi, yakni Berliana Devianti Putri, S.KM., M.Kes. . 

Selanjutnya dilakukan pengecekan kesehatan dan pembagian sembako. Untuk pengecekan kesehatan ini meliputi cek gula darah dan asam urat. Pengecekan kesehatan secara umum tetap dilakukan seperti detak jantung dan tekanan darah. Pemeriksaan ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa radiologi yang sudah berpengalaman. Tentunya kegiatan ini dihadiri oleh warga Desa Pojok Klitih, lebih tepatnya warga dari 3 dusun, yakni Dusun Pojok, Tanggungan, dan Jabon.

Selain itu juga membuka donasi berupa uang tunai atau sembako, serta donasi baju dan buku bekas yang masih layak untuk dipakai. Semua donasi akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Penulis: Tim D4 Radiologi

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).