Cabor Judo Persembahan Medali Emas di Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Daerah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Early Juvitta Anggraini saat bertanding di Cabor Judo. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Olahraga di kalangan mahasiswa merupakan suatu kegiatan yang dapat mendorong sportivitas dan kejujuran dalam diri mahasiswa. Disamping itu, dengan berolahraga diharapkan daya tahan fisik dan mental mahasiswa dapat meningkat sehingga prestasi akademik dapat meningkat pula. Dewasa ini, olahraga bukan hanya semata rekreatif tetapi juga diharapkan untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya.

Menyadari akan hal tersebut, dalam rangka pembinaan olahraga dilingkungan Perguruan Tinggi dilakukan kompetisi dari berbagai cabang olahraga, mulai dari tingkat perguruan tinggi, daerah, nasional sampai internasional. Salah satu kompetisi olahraga ditingkat nasional untuk mahasiswa adalah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun.

Untuk dapat berkompetisi pada kegiatan POMNAS, para atlet harus melalui seleksi melalui pekan olahraga mahasiswa tingkat daerah. Untuk regional Jawa Timur, seleksi telah dilaksanakan pada pekan lalu.

Salah satu mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga, Early Juvitta Anggraini dari angkatan 2015 yang turun pada cabang olahraga judo mampu meraih medali emas pada kelas +63 kg putri.

Kepada UNAIR NEWS, mahasiswi yang baru saja melaksanakan yudisiumnya merasa bangga karena dapat mengharumkan nama Universitas Airlangga terkhusus FKH. “Saya sudah menggeluti olahraga judo dari bangku sekolah dasar, seingat saya pertama kali bertanding pada tahun 2005,” ujar Early.

Early menyebut, berlatih dan mempersiapkan mental yang kuat untuk bertanding itu sangat penting. Tetapi ada hal lain yang sangat berperan yaitu dukungan dari orang tua untuk kesuksesan seorang anak adalah motivasi utamanya.

“Walaupun di Universitas Airlangga belum ada Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Judo, saya terus berlatih di KONI, untuk melakukan persiapan pertandingan,” tambahnya.

Saat disinggung untuk target selanjutnya, Early mengungkapkan akan tetap berkompetisi dan semoga dapat menjuarai dibeberapa pertandingan ditengah kesibukan co-assistensi dan lulus profesi dokter hewan tepat waktu.

“Harapan saya, semoga kedepannya Universitas Airlangga terutama Fakultas Kedokteran Hewan tidak hanya memiliki banyak mahasiswa yang bagus dalam bidang akademik, namun juga memiliki bibit-bibit atlit hebat yang memiliki mental juara,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu