UNAIR Ajukan Jadi Tuan Rumah PIMNAS Tahun 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Sarasehan Pimpinan Bidang Kemahasiswaan di Rektorat Universitas Udayana Bali. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) memang menjadi ajang yang sangat bergengsi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Untuk itu, tidak jarang perguruan tinggi di Indonesia menanti-nanti untuk dipilih menjadi tempat terselenggaranya acara akbar tahunan tersebut. Salah satunya Universitas Airlangga.

Usai sukses melaksanakan kompetisi debat mahasiswa nasional pada bulan lalu, UNAIR optimis bisa menjamu ribuan tamu dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia pada gelaran PIMNAS 33 Tahun 2020. Hal itu, disampaikan langsung Direktur Kemahasiswaan Dr. Hadi Subhan pada Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan di PIMNAS 32 (29/8).

“Kami sudah sampaikan kepada pihak Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan bahwa sudha siap untuk menjadi tuan rumah PIMNAS 2020,” tandas Hadi.

Tidak hanya itu, dari berbagai nama perguruan tinggi yang muncul untuk mengajukan sebagai tuan rumah PIMNAS tahun depan, UNAIR menjadi perguruan tinggi yang sudah menyiapkan proposal dan laporan kesiapan di tengah acara sarasehan tersebut. Bahkan, tandas Hadi, komitmen untuk menjadi tuan rumah PIMNAS 33 juga sudah disampaikan oleh pimpinan UNAIR saat melangsungkan penutupan kompetisi debat yang sukses dihelat di UNAIR bulan lalu.

“Semoga dengan usaha kita bersama, kesiapan dan berbagai hal yang sudah kita laporkan dalam forum tersebut, nantinya bisa diputuskan UNAIR jadi tuan rumah,” jelas Hadi. Kita tunggu saja prosesnya yang akan dikelola dan ditentukan oleh pihak Kemristek Dikti,” sambungnya.

Sementara itu,  Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd., selaku Direktur Kemahasiswaan Dirjen Belmawa pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa pada dasarnya setiap tahun memang banyak perguruan tinggi yang mengajukan untuk menjadi tuan rumah. Bahkan, lanjutnya, pada sarasehan kali ini sudah banyak perguruan tinggi yang mengajukan untuk menjadi tuan rumah PIMNAS hingga tahun 2023.

Menanggapi kesiapan UNAIR untuk menjadi tuan rumah tahun depan, Didin mengatakan bahwa memang secara kesiapan UNAIR dilihat sudah sangat siap. Tidak hanya itu, melihat dari suksesnya kegiatan debat mahasiswa nasional yang dilangsungkan di UNAIR pada bulan lalu menunjukkan bahwa UNAIR memang memiliki peluang kuat.

“UNAIR memang terlihat siap untuk jadi tuan rumah tahun depan. Bulan lalu, kompetisi debat yang dilaksanakan di sana juga berjalan dengan baik dan rapi. Tapi, untuk menjadi tuan rumah PIMNAS ini semua akan tetap menjalani proses terlebih dahulu di kementerian,” ungkapnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).