Tanamkan Budaya Aktif PKM Sejak Mahasiswa Baru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyampaian materi pengenalan PKM oleh Bintang Eka Putri dari Garuda Sakti Airlangga di gedung Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR, Sabtu (24/8/19) (Dok. Tsabita Ihsana)

UNAIR NEWS – Perkembangan perguruan tinggi tidak lepas dari dukungan semua pihak, tak terkecuali mahasiswa yang turut aktif mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Menanggapi hal tersebut, Himpunan mahasiswa Teknologi Laboratotium Medis (TLM) Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kegiatan Mahasiswa Aktif PKM (MAP). Kegiatan berlangsung di Gedung Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR, Sabtu (24/8/19) dan diikuti seluruh mahasiswa baru TLM.

Materi yang disampaikan di antaranya keorganisasian oleh Noviantao Edi Suharno SST.Par., M.Si yang juga menjabat sebagai dosen FV UNAIR, pengenalan PKM oleh Bintang Eka Putri yang merupakan anggota dari Garuda Sakti Airlangga, dan pengenalan Ikatan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (IMATELKI) oleh Muhammad Febryansyah Aditya Maulana selaku Ketua Umum IMATELKI Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Timur.

Ajeng Dilla Lestari yang merupakan salah satu peserta kegiatan mengungkapkan bahwa acara yang dilaksanakan diisi oleh pemateri yang berkompeten dan atraktif, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai PKM utamanya bagi mahasiswa baru.

“Acaranya seru banget, karena pemateri aktif komunikasi dengan audiens bikin kami lebih paham gambaran PKM terutama bagi mahasiswa baru,” ungkap mahasiswa angkatan 2019 tersebut.

Sementara itu, Silvia Mega Paramitha mengatakan latar belakang diselenggarakannya MAP adalah untuk mewujudkan target FV meningkatkan prestasi mahasiswa di kancah nasional maupun internasional, khususnya dalam bidang kepenulisan ilmiah.

Peserta Mahasiswa Aktif PKM saat mengikuti kegiatan di gedung Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR, Sabtu (24/8/19). (Dok. Tsabita Ihsana)

“Kami ingin ikut serta mewujudkan target FV untuk meningkatkan prestasi mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional, khususnya dalam bidang kepenulisan ilmiah,” ungkap Silvia yang mejadi ketua pelaksana kegiatan.

Ketua Himpunan Mahasiswa TLM Amalia Aprilina mengungkapkan harapannya kepada peserta untuk menerapkan apa yang telah didapat setelah kegiatan. Tidak hanya kepada universitas dan masyarakat, namun juga untuk organisasi yang akan diikuti.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan MAP, mahasiswa TLM dapat menerapkan ilmu yang didadapat kepada masyarakat. Tidak hanya dalam bentuk PKM namun juga untuk organisasi kedepannya,” ucap Amalia. (*)

Penulis : Faisal Dika Utama

Editor  : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).