UNAIR Kembangkan Layanan Perpustakaan Melalui Facebook

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS  Saat ini, perpustakaan berusaha untuk memberikan layanan yang maksimal kepada penggunanya.  Bagi perpustakaan perguruan tinggi seperti Universitas Airlangga (UNAIR) yang juga berorientasi kepada pengguna, kehadiran facebook memberikan dampak yang besar. Pasalnya, facebook dapat memudahkan interaksi antara pemustaka dengan pustakawan tanpa terikat oleh batas-batas geografis yang ada. 

Sejak tiga tahun pertama dibuat, kehadiran akun facebook Perpustakaan UNAIR mendapat antusiasme pengguna. Sebagian besar pengguna memanfaatkan facebook perpustakaan UNAIR untuk memenuhi kebutuhan informasinya terkait kegiatan perpustakaan UNAIR.

Tak dapat dipungkiri, facebook memang salah satu jejaring sosial yang sangat popular dan telah merambah ke seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia maupun dunia. Tak terkecuali di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi.

Setelah dilakukan penelitian, Dessy Harisanty, S.Sos., M.A. Dosen Program Studi D3 Perpustakaan UNAIR, mengatakan bahwa melalui sosial mediafacebook,perpustakaan UNAIR mampu menyediakan  informasi yang dicari oleh pengguna dengan memperhatikan karakteristik sebuah informasi yang berkualitas, yaitu relevan dan up to date.

Facebook dapat menjadi media bagi perpustakaan untuk memberikan layanan yang maksimal dan sesuai dengan karakteristik perilaku penggunanya,” ungkapnya.

Facebook secara efektif dapat memberikan informasi dengan mudah dan cepat kepada anggota perpustakaan. Keberadaan facebook dinilai dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai information dan knowledge center dalam menyebarkan informasi secara cepat dan akurat.

Melalui facebook, perpustakaan juga berusaha bersosialisasi dengan pengguna.Sehingga pengguna merasa lebih dekat dan nyaman dengan perpustakaan. Facebook juga dinilai sebagai media yang lebih update daripada media lainnya. Melalui facebook, pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan perpustakaan UNAIR karena dibekali dengan berbagai fitur seperti chatting, tag foto, blog, game, dan update status.

“Facebook bisa menjadi rekomendasi bagi perpustakaan lain untuk mengembangkan layanannya yang berorientasi pada pengguna seperti Perpustakaan UNAIR”, tuturnya.  Meskipun begitu, perpustakaan harus terus memperbarui sajian informasi. Dengan demikian, hubungan perpustakaan dengan pengguna akan tetap terjalin.(*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Nuri Hermawan

Reference : Harisanty, D. (2019), “Level of user satisfaction on the Facebook library”, Library Hi Tech News, Vol. 36 No. 3, pp. 7-8. 

Link : https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/LHTN-10-2018-0066/full/html

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).