Berkarir di Belanda Bisa Jadi Pilihan Setelah Lulus Kuliah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Suryadi, MA ketika memberikan materi kepada mahasiswa pada seminar “Tantangan dan Peluang Karir di Belanda” Senin, (19/8/2019) di Aula Parlinah Perpustakaan Kampus B. (Foto : Istimewa)
Dr. Suryadi, MA ketika memberikan materi kepada mahasiswa pada seminar “Tantangan dan Peluang Karir di Belanda” Senin, (19/8/2019) di Aula Parlinah Perpustakaan Kampus B. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan seminar bertajuk ”Tantangan dan Peluang Karir di Belanda” di Aula Parlinah Perpustakaan Kampus B UNAIR. Acara itu diselenggarakan pada Senin (19/8/2019).

Dr. Surya Suryadi, MA berkesempatan menjadi pemateri pada acara itu. Dr. Suryadi, begitu dia kerap disapa merupakan staf pengajar dan peneliti di Universitas Leiden, Belanda.

Dalam kesempatan itu Dr. Suryadi menuturkan bahwa peluang karir di Leiden maupun Belanda terbuka bagi siapa saja. Kesempatan untuk melanjutkan S2 dan S3 juga sangat terbuka lebar.

”Tentunya seluruh bidang memiliki peluang kerja di Belanda,” ucapnya.

Dari tahun ke tahun, lanjutnya, bidang sosial dan humaniora memiliki peluang kerja yang cukup besar di Belanda. Bahkan, meskipun Belanda bukan negara dengan mayoritas muslim, bidang pendidikan Islam juga memiliki peluang karir tersendiri. Di Belanda, perempuan memiliki kuota tersendiri. Hal itu, lanjutnya, bisa menjadi peluang yang besar bagi kita (perempuan Indonesia).

Pada kesempatan wawancara dengan tim UNAIR News, Dr. Suryadi mengatakan bahwa mahasiswa dari Indonesia memiliki peluang yang besar di Belanda. Baik di bidang akademik maupun non-akademik.

”Jadi, sebenarnya untuk peluang sama dengan di tempat lain. Namun, persyaratan untuk kompetensinya harus dipenuhi, antara lain kemampuan berbahasa Inggris, yah minimal skor TOEFL 700,“ ungkapnya.

”Kalau ada kemauan, pasti ada jalan,” imbuh Dr. Suryadi menutup seminar.

Lulusan Universitas Leiden itu juga membagikan tips bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan maupun berkarir di Belanda. Kepada peserta seminar yang tertarik berkarir maupun melanjutkan pendidikan ke Belanda, Dr. Suryadi menyarankan agar mengunjungi website Indonesia Nederland Youth Society (INYS). INYS sendiri adalah sebuah komunitas yang menghubungkan pemuda Belanda dan Indonesia satu sama lain.

Organisasi ini juga memberikan informasi seputar peluang karir dan beasiswa di Belanda. Bahkan menyediakan kursus bahasa Belanda.

Acara yang diikuti sekitar 80 mahasiswa UNAIR itu merupakan salah satu rangkaian program Airlangga Carier Club (ACC). Sebagai informasi, PPKK UNAIR secara rutin mengagendakan kegiatan serupa. Tujuannya untuk memberikan gambaran dan mempersiapkan karir mahasiswa setelah lulus nanti. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu