Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen FPK PSDKU Adakan Pengmas di Desa Purwoasri

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KEGIATAN kunjungan lokasi budidaya ikan lele menggunakan sistem akuaponik (Foto: Dokumen Pribadi)

UNAIR NEWS – Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan visi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut, dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi mengadakan Pengabdian Masyarakat (pengmas) di Desa Purwoasri Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.

Tema dari pengmas dosen FPK bertajuk “Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Sistem Akuaponik Berteknologi Bioflok Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hasil Perikanan di Desa Purwoasri Kecamatan Tegaldlimo”. Desa Purwoasri dipilih dikarenakan kondisi daerah yang subur, dengan sektor pertanian dan perkebunan yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat setempat.

Ditemui UNAIR NEWS pada (16/8), Suciyono, S.St.Pi., M.P. selaku ketua pelaksana menjelaskan tujuan dari terselenggaranya pengmas dosen FPK ini. Selain sebagai wujud Tri Dahrma Perguruan tinggi, pengmas dosen dilaksanakan untuk memberdayakan masyarakat Desa Purwoasri untuk lebih mengenal dunia perikanan.

“Pengmas dosen di Desa Purwoasri ini dilaksananakn karena masyarakat belum banyak yang mengenal perikanan. Kebetulan disini pertanian dan perkebunan menjadi mata pencaharian masyarakat pada umumnya, maka kami menggabungkannya dengan kegiatan budidaya perikanan, yaitu budidaya ikan lele dengan sistem aquaponik,” jelas dosen yang akrab disapa Suci tersebut.

Pengmas dosen kali ini melibatkan paguyuban ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), karang taruna, dan kelompok tani Desa Purwoasri. Kegiatan dibuka dengan sosialisasi mengenai budidaya ikan lele menggunakan sistem akuaponik dan dilanjutkan kunjungan lokasi sistem akuaponik yang telah dipasang.

Antusiasme peserta yang hadir cukup tinggi, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya saat sesi tanya jawab dibuka. Suci optimis pengmas dosen kali ini akan memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat Desa Purwoasri kedepannya, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam memajukan desanya melalui sektor perikanan.

“Harapannya pengmas dosen kali ini berkelanjutan hingga pasca panen. Sehingga masyarakat Desa Purwoasri lebih berdaya dengan melakukan budidaya ikan menggunakan sistem akuaponik kedepannya,” tutup Suci.

Penulis : Dian Putri Apriliani

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

Nuri Hermawan

Nuri Hermawan

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu