PPKK dan LPBI UNAIR Gelar Talkshow Tentang Dunia Bisnis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga (UNAIR) bersama Lembaga Pengembangan Bisnis dan Inkubasi (LPBI) UNAIR menggelar talkshow dengan tema “Startup Investment Landscape in Indonesia”. Kegiatan itu berlangsung pada Kamis (8/8/2019) di Aula Parlinah Moedjono, Perpustakaan Kampus B UNAIR.

Hadir sebagai Narasumber Dr. Achsania Hendratmi, SE., M.Si (Manager Inkubator Bisnis & Teknologi LPBI UNAIR) dan Cita Mellisa (Head of IDX Incubator East Java). Selain Mahasiswa UNAIR, ada pula pihak luar yang menjadi peserta dalam talkshow ini yakni Mahasiswa Universitas Surabaya, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Dr. Achsania menjelaskan bahwa UNAIR melaui LPBI telah mewadahi mahasiswa yang mempunyai minat dalam dunia bisnis untuk mengembangkan usahanya. Usaha yang berpotensi menjadi peluang bisnis besar dapat diperoleh dari riset-riset yang dilakukan para Mahasiswa.

“Selama ini banyak riset yang dilakukan para mahasiswa dan beberapa hasil dari riset seperti itu dapat dijadikan produk bisnis. Salah satu contohnya seperti limbah rumput laut yang dijadikan bahan material bata ringan yang tahan gempa, tuturnya.”

Sementara itu, Cita memaparkan persyaratan-persyaratan agar sebuah startup bisa masuk dalam permainan saham (Bursa Efek Indonesia, red). Beberapa diantaranya ialah laporan keuangan yang baik, sudah berbisnis selama satu tahun, dan startup itu sudah dapat menghasilkan pendapatan.

Cita juga berpesan kepada peserta yang hadir agar sungguh-sungguh mengembangkan usaha yang sedang dijalani sehingga bisa go public. Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia) dapat membantu startup dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Indonesia untuk mempercepat pengembangan usahanya. Bantuan itu seperti sosialisasi cara berbisnis yang efektif ataupun Bursa Efek Indonesia mencari akuntan untuk startup dan UKM yang laporan keuangannya belum terlalu bagus.

“Bermimpilah go public. Jangan tunggu bisnis besar baru go public, karena itu cara berpikir yang salah. Justru dengan go public barulah bisnis kita akan menjadi besar,” ungkapnya.(*)

Penulis : Ransis Putra Gaut

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).