Masa Orientasi, Mahasiswa Baru Dikenalkan dengan Penelitian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu mahasiswa baru 2019 Fakultas Farmasi UNAIR tampak antusias mengikuti berjalannya PPKMB Aspirint FF UNAIR. (Sumber : Dokumentasi Panitia)

UNAIR NEWS – Masa-masa awal menjadi mahasiswa merupakan waktu yang sangat penting. Perlu diadakan sebuah kegiatan pengenalan mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus dan sivitas akademika. Selain untuk menumbuhkan rasa nyaman dan membantu beradaptasi, kegiatan pengenalan ini juga bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa baru menghadapi dunia perkuliahan.

Salah satu kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) yang diadakan oleh fakultas di UNAIR adalah ASPIRINT. ASPIRINT yang digelar oleh Fakultas Farmasi UNAIR hadir untuk memperkenalkan 250 mahasiswa baru farmasi terhadap lingkungan kampus, sivitas akademika, dan dunia kefarmasian secara umum.

Pada tahun 2019 ini, terdapat perbedaan yang sangat terlihat pada kegiatan ASPIRINT. Tak hanya digelar di gedung baru fakultas farmasi di Kampus C, ASPIRINT 2019 pun mengusung konsep baru yang lebih menarik. Hal ini dibenarkan oleh Firmansyah Ardian, Ketua BEM FF UNAIR 2019.

“Untuk tahun ini, inti acara kami masih sama seperti tahun sebelumnya, tetapi ada satu kegiatan yang berbeda, yaitu simulasi pembuatan PKM. Simulasi PKM ini adalah sebuah terobosan baru yang kami pikir cukup penting untuk diberikan pada mahasiswa baru,” jelas Firman.

Sebagai salah satu penyumbang PKM terbanyak di UNAIR, Fakultas Farmasi ingin terus melakukan regenerasi dan membantu mahasiswanya untuk menuangkan potensi yang dimiliki, khususnya dalam hal penelitian. Dengan adanya simulasi PKM di dalam kegiatan PPKMB ASPIRINT, diharapkan bisa memantik minat mahasiswa baru dalam berkarya dan aktif dalam penelitian.

“Jadi nanti mahasiswa baru akan diajak untuk menyusun PKM bersama-sama dari awal mulai dari menentukan tema, judul, pembuatan proposal, kemudian nanti kita juga akan mengadakan science week dimana mereka diminta untuk membuat poster untuk memromosikan produk yang dirancang,” jelas Firman.

“Kami harap dengan adanya simulasi ini bisa memunculkan minat adik-adik mahasiswa baru untuk ikut aktif dalam pembuatan PKM dan bisa memudahkan mereka juga nantinya,” lanjutnya.

Tak hanya simulasi PKM, pada ASPIRINT 2019 juga ditekankan terkait kesopanan dan keramahan kepada sesama sivitas akademika. Menurut Firman, hal ini menjadi perhatian khusus karena kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang penting. Tugas-tugas yang dibuat berkelompok juga diharapkan bisa mempererat hubungan antar mahasiswa angkatan 2019.

“Melalui kegiatan ASPIRINT ini, mahasiswa baru bisa berkesempatan untuk saling mengenal sesama teman, mengenal kakak kelas, dosen, dan juga staf. Semoga ke depannya bisa timbul hubungan yang dekat antara mahasiswa baru dan sivitas akademika yang lain, dengan tetap menjaga kesopanan,” tandasnya.

Di akhir wawancara, Firman berharap mahasiswa baru Farmasi UNAIR bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan kampus. Ia juga berpesan untuk para mahasiswa baru untuk selalu peduli dengan lingkungan sekitar dan tetap semangat menjalani hari-hari perkuliahannya. (*)

Penulis : Sukma Cindra Pratiwi

Editor : Binti Q Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu