Mahasiswa FISIP Dinobatkan Sebagai Juara II Duta Bahasa Jawa Timur 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Ganesh Novia Pertiwi atau yang lebih akrab disapa Ganesh, mahasiswa S1 Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga berhasil menorehkan prestasi gemilang. Tepatnya di Ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2019. Ganesh meraih Juara II Putri pada acara puncak Grand Final pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2019 di Ballroom Lantai 2 Hotel Luminor Sidoarjo, pada Rabu (31/7/2019).

Ganesh mewakili Universitas Airlangga dalam ajang yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tersebut. Mahasiswa yang memiliki hobi bernyanyi itu dipasangkan dengan juara II putra, yakni Satria Wicaksono yang berasal dari Kabupaten Tulungagung.

Motivasi Ganesh dalam mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa tesebut berawal dari keinginanya untuk menambah pengetahuan utamanya terkait dengan literasi. ”Awalnya saya berpikir untuk mengisi waktu liburan semester ini. Namun, ketika dinyatakan lolos sebagai finalis saya semakin termotivasi untuk mengikuti kompetisi ini sebaik dan semaksimal mungkin,” ungkap Ganesh.

Selain itu, dalam mengikuti kopetisi itu, Ganesh melakukan beberapa persiapan. Di antaranya, mempersiapkan Krida Kebahasaan yaitu Perpustakaan Ksatria Airlangga yang dibangun bersama oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga, mempelajari materi terkait dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), dan yang terakhir adalah mempersiapkan berbagai busana yang akan diperagakan selama kompetisi berlangsung.

Selama karantina berlansung, Ganesh mengaku sangat menikmati, namun juga melelahkan. Hal ini disebabkan karantina dilaksanakan selama dua hari dengan jadwal yang padat. Hari pertama para peserta harus mengikuti tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, Diskusi kelompk terpumpun dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Hari kedua para finalis diminta untuk mempresentasikan krida kebahasaan yang dilakukan, wawancara terkait dengan Kebudayaan dan Kedutaan, kemudian dilanjut dengan uji bakat.

Harapan Ganesh setelah berhasil dinobatkan sebagai juara II dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2019 adalah untuk mampu mengoptimalkan kemampuan diri untuk terus mengoptimalkan kemampuan diri dengan amanah yang sekarang didapat. sebagai seorang Duta Bahasa, ia juga berharap supaya dapat mengampanyekan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang public. Sebab, sudah menjadi tugas seorang Duta Bahasa untuk menjujung tinggi tri gatra kebahsaan. Yakni, mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. (*)

Penulis: Firman Wijaya

Editor: Feri Fenoria Rifai

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).