Langkah Aksi Bersih Pantai Bersama ENJ UNAIR 2019 di Pedalaman Sulawesi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Menindaklanjuti sosialisasi ekowisata, Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan aksi nyata bersama warga untuk membersihkan pantai. Kali ini Kaifula’a menjadi pilihan. Mengingat, lautnya yang bersih dan bening, namun banyak sampah di pinggir dan sela-sela karangnya.

Kegiatan bersih pantai yang diberi nama Bersih Pantaiku Cerah Masa Depanku itu di gelar pada Selasa (6/8/19). Dihadiri para pemuda Desa Lawakamo (Lalole, Watuampara, Kamoali, dan Mokobeao) dan juga anak-anak setempat.

Rizki Putra Solihin selaku penanggung jawab program kerja Bersih Pantaiku Cerah Masa Depanku menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan membangun kecintaan dan kesadaran warga Siompu Barat terhadap lingkungan. Dengan kecintaan tersebut, mereka tergerak untuk menjaga alam dan mempermudah penciptaan desa ekowisata di Siompu Barat.

”Warga di sini belum terlalu sadar akan menjaga lingkungan di sekitar mereka, masih sering membuang sampah di kebun dan laut,” ungkap Rizki.

”Dengan kegiatan ini, diharapkan akan tertanam kecintaan mereka terhadap lingkungan sehingga Siompu Barat akan tetap bersih,” tambahnya.

Selain membersihkan pantai, tim ENJ UNAIR 2019 juga memasang beberapa plang yang telah diisi dengan bermacam tulisan. Selain untuk memperindah pantai, plang itu berfungsi sebagai pengingat bagi seluruh pengunjung agar tetap menjaga lingkungan di manapun dan kapanpun.

”Lingkungan itu untuk dijaga. Jadi, kami menginisiasi untuk pemasangan plang. Dan, bisa dibuat kenang-kenangan kalau ENJ UNAIR pernah ada di sini,” katanya.

Kegiatan Bersih Pantaiku Cerah Masa Depanku sangat mendapatkan apresiasi dari masyarakat Siompu Barat. Terbukti, antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam meramaikan kegiatan itu. (*)

Penulis: Ulfah Mu’amarotul Hikmah

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).