Tingkatkan Kualitas Manajemen Informasi, PIH UNAIR Lakukan Media Visit ke Tirto hingga Tribun Jogja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kunjungan media tim PIH UNAIR ke Kantor Redaksi Tirto.ID doi Yogyakarta, Senin (5/8). (Foto: Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Memantapkan langkah Universitas Airlangga menuju kampus berkelas dunia, salah satunya diperlukan manajemen portal informasi kampus yang memadai. Terlebih di era digital dan disrupsi seperti sekarang, kebutuhan informasi sangat tinggi. Maka tak heran jika keberadaan media online tengah menjadi primadona bagi para pencari informasi.

Untuk itu tim Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR melakukan kunjungan ke sejumlah kantor media online di Yogyakarta untuk menggali ilmu dan pengetahuan baru seputar pengelolaan web berita online pada 5-6 Agustus 2019. Sebanyak delapan staf PIH serta enam mahasiswa kontributor UNAIR NEWS melakukan diskusi bersama dengan tim redaksi di tiga media online ternama di Yogyakarta, yaitu Tirto.id, Kedaulatan Rakyat, dan Tribun Jogja.

Kunjungan media tim PIH UNAIR ke Kantor Redaksi Tribun Jogja, Selasa (6/8). (Foto: Alif Fauzan)

Dr. Imron Mawardi, S.P., M.Si, selaku sekretaris PIH UNAIR mengatakan, UNAIR NEWS merupakan salah satu media yang dimiliki UNAIR. Kunjungan ini, lajutnya, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengelolaan web berita yang dikelola oleh PIH UNAIR.

“UNAIR NEWS salah satu hal penting bagi UNAIR untuk meningkatkan perankingan unair menuju 500 dunia. Selain itu, kami memerlukan back link. Kami ingin belajar tentang, pertama manajemen media online dan kedua adalah tentang teknologi yang digunakan,” papar Imron ketika mengunjungi kantor redaksi Tirto.id pada Sabtu (5/8/2019)

Agung DH, jurnalis sekaligus redaktur Tirto.id berterimakasih kepada Tim PIH UNAIR karena telah mengunjungi Tirto.id yang notabene termasuk media online baru. Seperti diketahui, meski baru tiga tahun hadir sebagai portal media online, nama Tirto.id telah dikenal oleh masyarakat luas, utamanya anak-anak muda.

Agung mengatakan, popularitas Tirto.id disebabkan oleh konten dan sajian berita yang dimiliki Tirto dikemas berbeda dengan media online lainnya.

“Kami ingin memberi sesuatu yang berbeda. Yaitu dengan menyajikan dalam bentuk long form, analisis, dan komprehensif,” sebut Agung.

“Apakah penyajian berbeda dapat dibaca oleh publik Indonesia? lambat laun, ada kebutuhan publik Indonesia akan bacaan yang panjang. Penyajian berita kami didukung oleh data, infografik dan mencoba konsisten,” tambahnya.

Terkait manajemennya, terdapat lima divisi di Tirto.id yang saling berkoordinasi, yaitu divisi redaksi, marketing, IT, multimedia, media sosial, dan riset. Masing-masing lini, kata Agung, satu sama lain harus berkoordinasi. Koordinasi yang kurang pada salah satu lini saja, akan menyebabkan proses redaksi tidak maksimal.

Agung juga menjelaskan tentang pola recruitment bagi calon jurnalis Tiro.id. Yakni melalui tes kemampuan menulis serta wawasan tentang isu tertentu. Sebab, menulis di Tirto harus terbiasa memberikan insight lain, yaitu menyajikan apa yang belum diberikan oleh media-media lain.

Usai mengunjungi Tirto.id, tim PIH UNAIR melanjutkan media visit ke Kedaulatan Rakyat (KRJogja) dan Tribun Jogja pada Minggu (6/8/2019). (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).