Lysin Sang Suplemen yang Berpotensi sebagai Anti Kanker

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Gatra

Pada awal January lalu penulis melakukan pemberian terapi lysin sebagai obat pencegah tumor Histiocytoma pada pasien kucing. Histiocytoma adalah satu dari sekian jenis tumor bersifat ganas dan langka yang bisa menyerang semua ras kucing pada semua umur. Umumnya tumor tersebut tampak seperti benjolan di dalam kulit dan menggantung pada area di bagian dalam paha atau selangkangan. Sel tumor tersebut juga dapat tumbuh kembali dalam hitungan minggu pasca dilakukannya tindakan operasi pengangkatan. Kecilnya angka kejadian dan penelitian pada kasus tersebut menyebabkan belum ada tindakan pengobatan secara definitive sehingga masih menjadi tantangan bagi dokter hewan di dunia dalam menghadapi kasus tersebut.

Dalam kasus tersebut, penulis juga melakukan pemberian lysin pasca dilakukannya operasi pengangkatan tumor tersebut. Tindakan tersbut bertujuan untuk mencegah tumor tumbuh kembali. Umumnya lysin yang mengandung beberapa asam amnion esensial dikonsumsi sebagai suplemen untuk meningkatkan imunitas pada tubuh, penyerapan kalsium, pembentukan protein otot dan pembentukan enzyme serta antibody. 

Lebih dari itu, lysin mempunyai manfaat lain terutama sebagai anticancer berdasarkan kemampuannya dalam menekan produksi enzim proteolytic yang berperan dalam colonisasi sel tumor yang beredar dalam tubuh. Pasca pemberian lysin tidak tampak gejala tumor tersebut akan tumbuh lagi atau menyebar ke bagian tubuh yang lain secara klinis. Hal tersebut diperkuat oleh hasil pemeriksaan darah menunjukan hasil yang cukup baik ditandai dengan peningkatan trombosit ke arah normal yang umumnya akan semakin turun apabila pasien terindikasi tumor ataupun cancer. Selain itu pemberian lysin juga mampu mempercepat proses kesembuhan pasca operasi yang dilakukan. Melihat potensinya sebagai anticancer perlu dilakukan penelitian yang lebih dalam untuk melihat efektifitasnya secara mikroskopis dan imunitas sehingga bisa menjadi “drug of Choice” pada segala jenis kasus tumor maupun cancer. 

Penulis: Tri Bhawono Dadi drh., M.Vet.

Berikut adalah link jurnal terkait artikel populer di atas:https://www.researchgate.net/publication/334597049_Lysin_Administration_on_Histiocytoma_Sur_gical_Therapy_on_a_Cat_A_Case_Study

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu