HIMANIS FV UNAIR Gelar Lomba Methanol tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA saat pembukaan Methanol di Ruang Kuliah Anatomi Kampus A UNAIR. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis (HIMANIS) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV UNAIR) menggelar kegiatan Methanol (Medical Laboratory Technologist Olympiad). Bertempat di Gedung Kampus A UNAIR, Methanol tahun ini mengusung tema “Peran Milenial dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Generasi Indonesia di Era Revolusi industri 4.0”.

Ketua Himpunan Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis, Amalia Aprilina mengungkapkan bahwa Methanol merupakan lomba nasional yang diadakan untuk SMA/SMK sederajat dan juga mahasiswa. Methanol terdiri dari tiga lomba yaitu olimpiade untuk tingkat SMA/SMK/MA serta lomba essay dan poster untuk tingkat mahasiswa.

“Untuk ruang lomba poster dan essay diselenggarakan di Ruang IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat), sedangkan untuk ruang semifinal olimpiade di Ruang Biokimia,” tambahnya.

Menurut Ama, sapaan akrabnya, tujuan dari lomba itu ialah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa terutama mahasiwa UNAIR. Selain itu, Methanol juga bisa menjadi tempat untuk mahasiswa dalam meningkatkan potensi, baik secara akademik maupun non akademik.

“Dari lomba ini diharapkan bisa memantik semangat siswa yang berada di luar pulau Jawa untuk menimba ilmu di UNAIR dan juga sebagai bentuk branding dari prodi Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi UNAIR,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jihan Aulia Ketua Panitia Methanol menjelaskan bahwa Methanol pada awalnya difokuskan untuk siswa-siswi SMA/SMK sederajat saja. Namun ada beberapa hal yang berbeda dalam pelaksanaan Methanol tahun ini.  

“Tahun ini menjadi tahun pertama Methanol membuka dua cabang lomba baru yakni lomba menulis essay dan lomba poster tingkat mahasiswa se-Indonesia,” ungkapnya.

Methanol tahun ini akan menguji kemampuan para pesertanya dalam hal sains dan laboratorium medis. Selain itu juga akan menguji kemampuan menulis, berpendapat, dan berpikir kritis pesertanya.

“Dengan demikian diharapkan dapat membuka pemikiran yang lebih luas tentang perkembangan generasi muda Indonesia, khususnya bagi para calon ahli teknologi laboratorium medis yang nantinya akan bergelut di dunia kesehatan,” pungkasnya.

Jihan berharap Methanol tahun depan bisa menjadi lebih baik. Koordinasi antar pengurus juga bisa terjalin lebih erat.

“Harapannya Methanol tahun depan dapat dipersiapkan lebih matang, koordinasi antar anggota lebih terjalin dan cabang maupun cakupan wilayah lomba bisa lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (*)

Penulis : Sandi Prabowo

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu