Dua Mahasiswa FST Ukir Prestasi di Kancah ASEAN

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
EMPAT mahasiswa FST UNAIR saat melakukan sesi foto bersama usai kompetisi. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) terus mencetak prestasi-prestasi di tingkat dunia. Kali ini mahasiswa UNAIR menorehkan prestasi gemilang di kancah ASEAN. Prestasi tersebut diraih oleh dua mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) dalam kompetisi Malaysia Speaking Mind Competition pada Sabtu (3/8/2019).

Bertempat di UiTM (Universiti Teknologi Mara) Cawangan, Negeri Sembilan, Kampus Kuala Pilah, tercatat ada 42 peserta yang mengikuti kompetisi bergengsi tersebut. Diantaranya ialah UiTM Negeri Sembilan Kampus Kuala Pilah, UiTM Negeri Sembilan Kampus Rembau, UiTM Kedah Kampus sungai Petani, Taylor’s College, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), dan Universitas Airlangga yang diwakili oleh 4 mahasiswa asal FST.

UNAIR NEWS berhasil mewawancarai Wakil Dekan I FST UNAIR, Dr. Hartati, M.Si. Menurutnya, Malaysia Speaking Mind Competition merupakan kompetisi menyampaikan ide kreatif berdasarkan riset mahasiswa yang diadakan se-ASEAN.

“Acara kompetisinya mirip seperti kompetisi 3MT (3 Minutes Thesis, red). Peserta kompetisi melakukan presentasi hasil riset atau ideanya dalam waktu tiga menit. Poin penilaiannya tidak hanya pada konten yang ditawarkan saja, namun juga cara penyampaian yang mudah dipahami oleh semua kalangan,” tuturnya.

Dalam kompetisi tersebut, terdapat sepuluh juara yang diambil dari kompetisi itu. Dua dari empat mahasiswa FST delegasi UNAIR berhasil pulang membawa piala kemenangan. Ialah Nur Aidatuzzahro (mahasiswa Fisika 2017) meraih juara 2 dan Belindha Ayu Ardhani (mahasiswa Statistika 2017) dengan juara 4.

“Saya ucapkan selamat kepada mahasiswa FST UNAIR yang telah meraih prestasi gemilang di Malaysia Speaking Mind Competition,” ungkapnya.

Dr. Hartati menuturkan bahwa untuk bisa mengikuti kompetisi itu, mahasiswa melewati seleksi fakultas terlebih dahulu. Mereka melewati seleksi fakultas dengan mengumpulkan CV dan melakukan presentasi hasil riset.

“Lalu terpilihlah 3 mahasiswa yang nantinya mendapat biaya dari Fakultas. Sedangkan satu mahasiswa lainnya mengikuti kompetisi dengan biaya sendiri,” jelasnya.

Keempat mahasiswa tersebut melakukan banyak latihan jauh-jauh hari sebelum kompetisi dilangsungkan. Persiapan yang dilakukan antara lain perihal perbaikan konten, tata bahasa maupun dalam hal penyampaian speech.

“Di sini, mereka berlatih bersama Dr. Nurina (Faculty ambassador FST), dibantu Dida (Staff Wakil Dekan III). Mereka juga berlatih dengan dosen dari program studi masing-masing. Selain itu, semangat, motivasi dan dukungan selalu diberikan oleh para pimpinan di FST UNAIR,” tambahnya.

Dr. Hartati berpesan agar mahasiswa bisa selalu mengasah kemampuannya untuk meraih prestasi. Yang tidak kalah penting, pegang teguhlah excellent with morality. “Semoga mahasiswa selalu mengasah kemampuan untuk meraih prestasi, menjadi yang terbaik dan terdepan, baik dalam kompetisi maupun rekognisi, tingkat nasional maupun internasional, dengan tetap memegang teguh excellent with morality,” pungkasnya. (*)

Penulis : Sandi Prabowo

Editor    : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).