Ajak KB TK Khadijah Surabaya Pahami Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DOSEN FKp melakukan pengabdian masyarakat tentang pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas, pada Sabtu (3/8/2019). (Foto: Achmad Ubaidillah Mughni)

UNAIR NEWS – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan penyebab kedua terbesar di dunia dengan mengakibatkan banyak korban jiwa meninggal dunia. Dalam setiap satu jamnya terdapat empat orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Melalui persoalan tersebut, Dosen Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) dengan memberikan edukasi tentang pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Pengmas yang diketuai oleh Erna Dwi Wahyuni, S.Kep.Ns.,M.Kep itu dilakukan di KB TK Khadijah Surabaya pada Sabtu (3/8/2019).

Dosen FKp UNAIR yang akrab disapa Erna mengatakan bahwa KB TK Khadijah Surabaya sudah menjadi mitra sejak lama, memiliki resiko tinggi untuk kemungkinan menemui kejadian kecelakaan lalu lintas. Hal itu dikarenakan lokasi KB TK Khadijah berada di area lalu lintas yang padat. Hingga saat ini TK tersebut belum pernah mendapatkan informasi dengan tema khusus pertolongan pertama pada kecelakaan, baik dari puskesmas maupun dari yayasan.

Dengan menggunakan kombinasi metode ceramah, diskusi dan demonstrasi-simulasi yang santai dan menyenangkan, peserta pengmas sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bagi Erna dan tim, ini merupakan langkah awal pengetahuan untuk mengantisispasi terjadinya kecelakaan lalu lintas serta memahami berbagai hal tentang pertolongan dasar dan cara menolong korban.

Melalui kegiatan itu diharapkan guru, staff dan orang tua siswa bisa memberikan pertolongan pertama yang tepat, khususnya keluarga KB TK Khadijah Surabaya yang memiliki risiko tinggi dalam menemui kejadian kecelakaan lalu lintas.

“Dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada keluarga KB TK Khadijah Surabaya. Sehingga memiliki pemahaman dan bisa memberikan pertolongan yang tepat dan cepat ketika menemui kecelakaan lalu lintas, menurunkan angka kecatatan dan kematian kecelakaan,” pungkas Erna.(*)

Penulis: Achmad Ubaidillah Mughni

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu