PKKMB UNAIR Usung Konsep Kebangsaan dan Cinta Lingkungan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA akan mengukuhkan lebih dari 6000 mahasiswa baru besok Kamis (1/8/19) di Airlangga Convention Center Kampus C. Pengukuhan mahasiswa itu menandai resminya mereka menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Airlangga tahun ajaran 2019/2020.

Dari lebih dari 6000 mahasiswa baru itu, mereka berasal dari jenjang D3, D3, dan S1. Dari jumlah itu, 128 mahasiswa berasal dari program kelas internasional, dan 16 mahasiswa berasal dari Malaysia.

Rektor UNAIR mengimbau kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti pengukuhan dan serangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa disingkat PKKMB.

“Selamat kepada adik-adik yang bergabung menjadi mahasiswa baru UNAIR. Ikuti seluruh rangkaian PKKMB untuk mengetahui kehidupan kampus,” terang rektor.

Pada kegiatan PKKMB tahun ini, UNAIR mengusung tema “Kebangsaan dan Cinta Lingkungan”. Serangkaian kegiatan PKKMB akan dilaksanakan mulai 1-9 Agustus 2019.

Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M. Hadi Shubhan S.H., C.N., M.H menyatakan bahwa pada prinsipnya PKKMB menjadi wadah bagi maghasiswa baru untuk mengenal UNAIR lebih dalam. Mereka akan mendapatkan wawasan seputar sistem belajar di UNAIR, kehidupan kampus secara umum, dan sarana prasaran yang ada di UNAIR.

“Yang tidak kalah penting ialah pembelajaran mengenai etika di kampus serta peraturan-peraturan yang berlaku di kampus,” ucap Hadi.

Mengenai jalannya acara pengenalan kampus, lanjutnya, UNAIR melarang secara tegas setiap bentuk kekerasan, pelanggaran etika maupun aturan negara. Kegiatan PKKMB dikemas dalam bentuk pengenalan kampus, kebangsaan, dan kemasyarakatan.

“Jadi saat pelaksanaan PKKMB, tidak akan ada kegiatan jemur-menjemur, hukuman push-up dan sebagainya. Sekali lagi, kita melarang tegas tindak kekerasan dan perpeloncoan,” tegasnya.

Serangkaian kegiatan PKKMB UNAIR dibagi menjadi dua bagian. Pertama, kegiatan di tingkat universitas selama empat hari. Kedua, kegiatan di tingkat fakultas yang akan berlangsung selama tiga hari. Pengukuhan mahasiswa baru yang akan berlangsung di ACC akan dihadiri oleh Gubernur Jatim yang juga alumnus UNAIR Khofifah Indar Parawansa.

Berkaitan dengan pengenalan UNAIR terhadap peduli lingkungan, ada hal baru yang disuguhkan oleh UNAIR yaitu kegiatan penghijauan atau reboisasi. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa harus menjaga tanaman hingga dia lulus dari UNAIR.

“Bukan hanya menanam, setelah ditanam, selama masa kuliah pohon itu juga harus dipantau dan dirawat,” jelasnya.

Selain menanam pohon, mahasiswa baru juga akan diajarkan cara menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Salah satunya ialah dengan mengurangi penggunaan tempat makanan atau minuman plastik sekali pakai. Dengan adanya penghaijauan, Hadi berharap, dapat memberikan kesadaran kepada mahasiswa baru menganai green campus. (*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).