Diskusi Bareng Redaksi Kompas.id, UNAIR Buka Kerjasama Bidang Publikasi Riset

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIM PIH UNAIR berfoto bersama Kepala Desk Komunitas Harian Kompas Budi Suwarna dan Dedi Isdianto (Product Marketing Executive) seusai melangsungkan diskusi dan sharing di Kantor Majalah Tempo, Lantai 5, Gedung Menara Kompas, Palmerah Slipi, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Gaung untuk menjadi kampus kelas dunia terus digalakkan. Menjadi bagian dari 500 kampus kelas dunia memanglah tidak mudah. Banyak gebrakan dan inovasi yang harus terus dilakukan. Salah satunya dengan meningkatkan publikasi inovasi sivitas akademika Universitas Airlangga (UNAIR) di media.

Untuk itu, dalam upaya meningkatkan sitasi tersebut sebanyak delapan staf Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR melakukan kunjungan media yang meliputi diskusi dan sharing bersama tim redaksi Kompas.id pada Selasa (02/80/2019). Tepatnya di Ruang Meeting Menara Kompas, Lantai 5, Jalan Palmerah Slipi, Jakarta Selatan. Melalui kunjungan tersebut, tim PIH UNAIR ditemui langsung oleh Budi Suwarna (Kepala Desk Komunitas Harian Kompas), Haryo Damardono (Wakil Redaktur Pelaksana) Try Harjono (Journalist) dan Dedi Isdianto (Product Marketing Executive).

Dalam kunjungannya, tim PIH UNAIR berkesempatan untuk menjajaki peluang kerjasama di bidang pengabdian masyarakat atau KKN di beberapa daerah. Kerjasama tersebut akan membuka peluang mahasiswa dalam membagi informasi dan inovasi dalam mengasah kereativitas mahasiswa dalam menulis. Mahasiswa diharapkan dapat berperan aktif dalam menginformasikan berita seputar daerah dan dapat menulis serta mengirimkannya ke kompas.id.

Selain itu PIH UNAIR juga berkesempatan untuk berdiskusi dan berkeliling melihat redaksi kompas yang terdiri dari kompas TV, kompas.id dan kompas channel. Dr. Suko Widodo, M.Si menjelaskan bahwa ditengah derasnya arus informasi dan digital sudah seharusnya UNAIR menjalin kerjasama terkait peningkatan sitasi dan informasi seputar kampus.

“UNAIR sudah waktunya untuk melangkah lebih cepat dan mendunia,” terangnya.

Sementara itu Budi Suwarna mengatakan bahwa adanya kerjasama dengan UNAIR dapat membantu Kompas dalam mencari informasi yang beragam. UNAIR akan lebih banyak dikenal oleh dunia khususnya persoalan riset dan inovasi dari para dosen daa mahasiswanya.

“Saya sangat senang sekali UNAIR bisa bekerjasama dengan Kompas. Sehingga inovasi seputar mahasiswa dan dosennya semakin banyak didengar oleh dunia,” tambahnya.

Diketahui, UNAIR dan Kompas.id telah menjalin sejumlah kerjasama. Salah satunya terwujud dalam kerjasama pembukaan akses kompas.id bagi sivitas akademika dan kerjasama publikasi inovasi dan hasil penelitian terbaru sivitas akademika UNAIR. Baik dari penelitian dosen maupun mahasiswa. Kedepannya, kerja sama semacam itu bakal terus diperkuat. Utamanya terkait dengan penguatan pilar tridharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Penulis : Khefti Al Mawalia

Editor : Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).