PKKMB UNAIR Usung Konsep Kebangsaan dan Cinta Lingkungan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
UPACARA penyambutan mahasiswa baru di Fakultas Vokasi. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) merupakan serangkaian kegiatan yang diadakan oleh peguruan tinggi untuk mengenal lingkungan kampus lebih dekat. Tahun ini, Universitas Airlangga (UNAIR) mengusung tema “Kebangsaan dan Cinta Lingkungan” dalam PKKMB. Serangkaian kegiatan itu akan dilaksanakan pada Kamis (1/8/2019) hingga Jumat (9/8/2019).

Direktur Kemahasiswaan Dr. M. Hadi Shubhan S.H., C.N., M.H mengungkapkan bahwa secara garis besar kegiatan PKKMB UNAIR 2019 pada prinsipnya menggunakan model pembelajaran klasikal. Kegiatan PKKMB UNAIR akan dijadikan mirip seperti saat perkuliahan, yaitu dengan pemberian materi-materi pengetahuan awal tentang UNAIR.

“Termasuk di dalamnya ialah memberikan pegetahuan tentang sistem belajar di UNAIR, kehidupan kampus secara umum, dan sarana prasaran yang ada di UNAIR. Dan yang tidak kalah penting ialah pembelajaran mengenai etika di kampus serta peraturan-peraturan yang berlaku di kampus,” ungkapnya.

Dr. Hadi menegaskan bahwa dalam kegiatan PKKMB, UNAIR melarang secara tegas setiap bentuk kekerasan, pelanggaran etika maupun aturan negara. Kegiatan PKKMB tersebut telah dikemas dengan baik dalam bentuk pengenalan kampus, kebangsaan maupun kemasyarakatan.

“Jadi saat pelaksanaan PKKMB, tidak akan ada kegiatan jemur-menjemur, hukuman push-up dan sebagainya. Sekali lagi, kita melarang tegas tindak kekerasan dan perpeloncoan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dr. Hadi menjelaskan bahwa serangkaian kegiatan PKKMB UNAIR dibagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu kegiatan di tingkat universitas selama empat hari, yang kedua ialah kegiatan di tingkat fakultas selama tiga hari. Serangkaian acara tersebut akan dibuka dengan pengukuhan mahasiswa baru UNAIR di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) pada Jumat (1/8/2019).

“Di hari pertama pengukuhan mahasiswa baru, akan ada orasi ilmiah yang akan disampaikan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan,” tambahnya.

Dalam rangkaian kegiatan universitas, ada hal baru yang disuguhkan oleh UNAIR yaitu kegiatan penghijauan atau dikenal dengan reboisasi. Mahasiswa baru akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian setiap kelompok akan menanam satu pohon.

“Setelah ditanam, selama masa kuliah, (pohon itu, red) juga harus dipantau dan dirawat,” jelasnya.

Selain menanam pohon, mahasiswa baru juga akan diajarkan cara menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Salah satunya ialah dengan mengurangi penggunaan tempat makanan atau minuman plastik sekali pakai.

“Dengan diadakannya kegiatan penghijauan tersebut, diharapkan akan memberikan kesadaran kepada mahasiswa baru menganai green campus,” tuturnya. (*)

Penulis : Sandi Prabowo

Editor : Khefti Al Mawalia  

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).