Omega 3 – PUFA Menjaga Kestabilan Kolesterol dan Fungsi Hati

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Omega 3. Sumber: Healthline

Beberapa peneliti Universitas Airlangga mengembangkan sebuah metode nutrisi untuk menjaga kesehatan liver dan menstabilkan kolesterol. Penelitian ini berhasil membuat sebuah formula pakan dengan kandungan omega-3 PUFA. Nutrisi ini diuji cobakan pada kambing etawah jantan dalam fase penggemukan. Hasilnya, nafsu makan kambing meningkat drastis namun kadar kolesterol, LDL, dan HDL tetap stabil.

Keadaan ini tentu saja sangat mendukung pembentukan otot sehingga meningkatkan produktivitas. Studi ini masih dilanjutkan untuk mengetahui efeknya pada kualitas daging. Ke depan peneliti berharap metode ini dapat menurunkan kandungan kolesterol dan lemak jahat pada daging kambing. Sehingga, menghasilkan daging kambing yang sehat, bebas dikonsumsi masyarakat segala macam usia dengan jumlah yang cukup, tanpa khawatir dengan resiko penyakit kardiovaskuler.

Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang banyak terdapat pada minyak ikan, daging ikan, daging sapi, susu, telur, minyak jangung, minyak canola, kacang-kacangan, alpukat, dan beberapa jenis buah lainnya. Asam lemak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Sebab, selain sebagai sumber energi, omega 3 juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit respiratori, mencehag depresi, dan mengoptimalkan kecerdasan dan tumbuh kembang anak terutama pada golden period. Karena itulah, hampir semua produk susu komersial dan suplemen kesehatan anak-anak banyak menambahkan omega-3 sebagai imbangan gizi anak-anak di masa pertumbuhan.

Penggunaan omega-3 pada manusia sudah jamak dilakukan. Namun di dunia kesehatan hewan masih jarang sekali diteliti fungsi dan mekanisme kerjanya. Hal ini disebabkan harga sumber omega-3 cukup mahal sebagai pakan. Selain itu, persaingan konsumsi dengan manusia membuat bahan ini jarang dilirik sebagai makanan tambahan ternak.

Tahun 2017, tim penelitian mempelajari lebih dalam perihal omega 3 untuk meningkatkan kualitas produksi dan produktivitas tenak. Formula pakan ternak yang mengandung omega-3 dengan konsentrasi kecil, dikombinasi dengan mineral blok jilatan. Setelah beberapa waktu melakukan penelitian pada kambing etawa, terlihat progres yang sangat baik terhadap pertumbuhan hewan ternak tersebut.

Hasil ini diperdalam dengan analisa fungsi hati dan biokimia darah yang menunjukkan hasil sangat baik. Selain tumbuh kembang yang meningkat, kinerja organ hati sebagai filter asam lemak terlihat optimal dan stabil. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan pakan kaya akan omega sebagai suplemen pertumbuhan dapat menjaga kesehatan dan aman dikonsumsi ternak.

Kualitas daging ternak dipengaruhi dari mutu pakan yang diberikan. Bukan mustahil pada kambing etawa yang diberi pakan ber-omega-3 akan menghasilkan daging kambing yang sehat dan kaya akan omega 3. Studi untuk membuktikan hipotesa ini masih terus dilanjutkan hingga saat ini. Kelak, kolaborasi keilmuan antara peternak dan peneliti akan dapat mengasilkan produk daging yang sehat dan bernutrisi tinggi dalam jumlah besar untuk mendukung program pemerintah swasembada daging nasional. (*)

Penulis: Herinda Pertiwi

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:https://www.researchgate.net/publication/334596942_The_Profile_of_Cholesterol_Lipoprotein_and_Triglyceride_of_Blood_Serum_of_Filial_Etawah_Goat_Fed_with_Omega-3_Rich_Diet

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).