Mahasiswa KKN di Sidodadi Tuban Beri Pelatihan Pengolahan Produk Perikanan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
nuget
Mahasiswa KKN saat melakukan pelatihan pembuatan nuget. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Salah satu program mahasiswa KKN 60 Tematik BBM UNAIR yang ditempatkan di Kelurahan Sidodadi, Kabupaten Tuban, adalah pelatihan pengolahan produk perikanan nugget ikan lele. Pelatihan yang dihadiri oleh 14 ibu – ibu PKK tersebut berlangsung hari Sabtu (20/07/2019), dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB di Balai Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.

Kegiatan pelatihan dikemas dalam serangkaian acara yang berisi penjabaran singkat mengenai kandungan nutrisi ikan serta langkah – langkah pembuatan nugget ikan. Pelatihan tersebut juga memberikan demo masak yang dipandu oleh tiga mahasiswa UNAIR, Deny Setiawan (Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan), Agita Puspa Gemilang (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), dan Putri Safira Ramadhana (Mahasiwa Fakultas Sains dan Teknologi).

Demo memasak yang dipandu ketiga mahasiswa Universitas Airlangga berbeda jurusan tersebut diawali dengan menunjukan bagaimana teknik memfillet lele dengan benar. Perwakilan dua orang peserta juga diberikan kesempatan untuk mengikuti praktik memasak secara langsung. Terlihat peserta begitu antusias mengikuti serangkaian acara yang digelar pada siang hari ini (20/07/2019).

Acara yang berjalan meriah tersebut dilatarbelakangi oleh kesadaran pentingnya konsumsi ikan di Kelurahan Sidodadi yang masih rendah, hal ini dapat dilihat dari tidak adanya hasil olahan perikanan yang diproduksi oleh UMKM maupun home industri setempat. “Mayoritas produk yang dibuat ibu-ibu disini keripik pisang, kucur, dan kerupuk beras” penjelasan Ibu Putik, salah satu pelaku home industri di Sidodadi.

Seperti yang kita ketahui bahwa target konsumsi ikan nasional pada tahun 2019 adalah 54,49 kg per kapita, artinya produk olahan perikanan harus terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan khususnya dari pangan berbahan ikan. Berdasarkan hal tersebut, maka melalui program pelatihan pengolahan ini diharap angka konsumsi ikan masyarakat Sidodadi meningkat.

Pemanfaatan potensi yang dimiliki Kelurahan Sidodadi dirasa kurang maksimal. Eksplotasi sumber daya alam sejauh ini masih bertumpuh pada sektor pertanian, padahal dua sektor lain juga tak kalah berpotensi yakni sektor peternakan dan perikanan. “Setelah dilakukan survei, tiga potensi utama di Kelurahan Sidodadi adalah pertanian, peternakan, dan perikanan” tegas Kepala Desa Sidodadi dalam sambutannya.

“Diharapkan dari terlaksananya program pelatihan pengolahan pangan nugget ikan lele ini mampu menciptakan home industri yang dapat membuka lapangan pekerjaan, serta diharapkan juga dari program ini dapat meningkatkan minat warga terhadap konsumsi ikan” terang Putri Safira pada saat membuka acara.

Penulis: Tim KKN Kelurahan Sidodadi Tuban

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).