Kesan Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gresik Usai Ikuti Edukasi Pertolongan Pertama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Siswa SMK 3 Metik
Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gresik sangat antusias mengikuti pelatihan. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Melihat angka kecelakaan yang cukup tinggi, dosen Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga berinisiatif untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara penanganan yang benar pada korban. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat, dosen FKp berikan wawasan serta simulasi kepada siswa SMK Muhammadiyah 3 Gresik mengenai pertolongan pertama pada korban kecelakaan yang dilaksanakan Selasa, (16/7/2019).

SMK Muhammadiyah 3 Gresik menjadi tujuan dosen FKp karena merupakan mitra Universitas Airlangga dan juga di area tersebut sering terjadi kecelakaan. Berikut telah UNAIR NEWS rangkum “Kata Mereka” siswa SMK Muhammadiyah 3 Gresik mengenai pengenalan dan simulasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

“Saya senang sekali dengan diadakannya kegiatan ini karena menambah ilmu bagi kami bagaimana cara mengatasi korban kecelakaan dengan tepat. Saya berharap terus dilakukan penyuluhan seperti ini di sekolah-sekolah agar semua orang lebih tahu bagaimana cara menolong korban kecelakaan yang benar.”

– Tanu Dirta

“Ilmu yang diberikan bapak dan ibu dosen UNAIR sangat bermanfaat bagi kami. Kami dijelaskan bagaimana menolong korban jika tidak sadarkan diri, patah tulang, dan cara memindahkan korban yang benar yang sebelumnya belum saya ketahui. Terimakasih UNAIR.”

– Liatul Aulia

“Sebelumnya saya belum pernah mendapatkan pelajaran mengenai pertolongan pertama pada korban dan cara menjelaskan materi oleh dosen UNAIR tadi sangat jelas. Setelah ini jika mengetahui ada korban kecelakaan saya jadi tahu bagaimana menanganinya dengan tepat. Semoga acara ini bisa berlanjut agar adik kelas saya juga mendapatkan pengetahuan ini.”

– Dela Efrilia

“Banyak ilmu yang saya dapatkan. Saya jadi tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban dengan benar. Sebelumnya saya sama sekali belum pernah mengetahui pertolongan seperti ini. Saya diajarkan bagaimana memberikan pertolongan pertama pada korban patah tulang dan korban kecelakaan. Terimakasih kepada bapak dan ibu dosen yang sudah berbagi pengalaman dan ilmu kepada kita, semoga bisa bermanfaat bagi saya dan siswa SMK Muhammadiyah 3 Gresik.”

– Ahmad Maulana

Penulis: M. Najib Rahman
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).