Tips Membuat Jamu Pencegah Myalgia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
JAMU adalah obat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit. (Foto: Brilio.Net)
JAMU adalah obat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit. (Foto: Brilio.Net)

UNAIR NEWS – Myalgia atau orang awam lebih mengenalnya dengan nyeri otot adalah rasa nyeri yang timbul di bagian tubuh. Biasanya akan menyerang di bagian yang sering digunakan ketika beraktivitas seperti tangan, sendi, bahu, pinggang, tungkai kaki, dan bagian sebagainya.

Penyebab Myalgia, antara lain, ketegangan otot, cedera, infeksi atau radang otot, dan penggunaan beberapa obat-obatan tertentu. Misalnya, AC inhibitour pada penderita hipertensi.

Biasanya, tanda dan gejala Myalgia dapat dilihat ketika kita merasakan demam di sekujur tubuh, bengkak setelah jatuh, tubuh terasa lemas, dan nyeri pada bagian sendi. Untuk mencegah terjadinya Myalgia, bisa dilakukan dengan stretching atau pemanasan ketika olahraga, menghindari makanan yang menyebabkan radang sendi, dan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang cukup.

Selain itu, bisa dengan mengonsumsi jamu tradisional. Cara itu adalah yang ”paling ampuh” untuk mencegah Myalgia.

Kali ini kita akan membahasnya bersama HIMA Pengobatan Tradisional UNAIR dan D3 Jamu Poltekkes Surakarta yang telah menyelenggarakan demo jamu di Simomulyo beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Minggu (7/7/2019).

Proses Pembuatan Jamu

Sebelum membuatnya, siapkan beberapa bahan untuk ramuan jamunya. Bagi news reader’s tidak perlu bingung karena bahan-bahannya sering dijumpai di rumah. Siapkan bahan-bahan seperti cabe jawa, kunyit, lempuyang, asam jawa, kencur, gula jawa, dan garam.

Setelah bahan tersedia, kita akan dapat membuatnya. Pertama untuk cara pembuatannya cuci kunyit, kencur, dan lempuyang dengan air bersih.

Setelah dicuci, kupas dengan pisau dan letakkan ketiga bahan ke dalam wadah. Tumbuk-tumbuh bahannya hingga terasa halus.

Sembari menumbuk, jangan lupa tambahkan air sedikit demi sedikit untuk melunakkan bahan. Setelah dirasa sudah halus, angkat dan taruh ke dalam kain bersih untuk kemudian diperas di wadah.

Selanjutnya, membuat larutan asam dengan gula jawa. Masak air hingga mendidih lalu tuangkan ke wadah, aduk-aduk kemudian saring kedalam wadah.

Setelah semuanya beres, proses terakhirnya adalah mencampurkan hasil dua larutan bahan tersebut. Jika sudah tercampur, jamusudah jadi, dan bisa disuguhkan untuk orang dirumah. Cukup mudah bukan membuat jamu pencegah Myalgia dirumah, jadi kapan kamu membuatnya?

Penulis: Fariz Ilham Rosyidi

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu