KKN BV Bawean Kembangkan Website untuk Kembangkan Ekonomi Masyarakat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ARINAL sedang memberikan pengarahan kepada kasi pelayanan di Desa Gunungteguh. (Foto: Istimewa).

UNAIR NEWS – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village (BV) 60 Universitas Airlangga (UNAIR) Desa Gunungteguh, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik membangkitkan kembali website desa. Website desa itu terdiri dari dua macam yaitu website desa dan perpustakaan digital desa.

Bangkitnya dua website tersebut digunakan untuk membantu publikasi aktivitas masyarakat di Pulau Bawean. Ekonomi masyarakat Pulau Bawean menjadi sasaran utama dalam laman website. Badan Usaha Milik Desa (BUMD) san sentra kerajinan desa dapat memasarkan hasil produksinya secara online.

Sementara perpustakaan digital desa dibangkitkan kembali dengan tujuan membantu pihak perpustakaan lebih fleksibel dalam penataan. Pengelolaan data seperti data nama peminjam dan letak rak buku menjadi prioritas di bagian laman website.

Arinal Izza Yudhistira selaku penanggungjawab pengembangan website desa mengungkapkan bahwa domain dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Arinal, sapaan karibnya, merasa terbantu dengan diberinya domain oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Hal itu dikarenakan dalam membuat domain harus memenuhi persyaratan yang cukup rumit.

“Domain sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik dan kita tinggal mengolah datanya saja,” ungkapnya.

Dalam mengolah data website, Arinal dibantu oleh Teduh dan Rama. Setelah pengelolaan data selesai, pengajaran dan sosialisasi kepada kasi pelayanan menjadi tujuan selanjutnya. Hal itu bertujuan agar masyarakat dapat menggunakan website tanpa kesusahan.

Pengembangan website yang dilakukan Arinal dkk. sering terkendala oleh jaringan internet. Mereka harus pergi ke balai desa untuk mendapatkan jaringan internet melalui Wi-Fi. Susahnya jaringan internet tersebut tidak membuat patah semangat untuk mengembangkan website.

Masyarakat Desa Gunungteguh merasa terbantu dengan website yang dikembangkan. Website yang dikembangkan oleh tim KKN BV Bawean diharapkan mampu menjadi contoh penggunaan website desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Faktor masyarakat yang ramah dan terbuka membuat pengembangan website mudah terlaksana. Masyarakat Desa Gunungteguh ingin kehidupan terutama masalah perekonomian dan kesejahteraan dapat tercukupi.

Alhamdulillah masyarakat di Gunungteguh sangat ramah bahkan kalau tanya rumah warga juga diantar,” ujarnya.

Tim KKN BV Bawean tidak hanya berfokus pada website saja. Program kerja seperti pengajaran di sekolah dasar dan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) menjadi program lain yang tidak kalah penting. (*)

Penulis: Aditya Novrian

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu