Prof. Nursalam Paparkan Hubungan Kualitas Kerja Perawat dengan Prestasi Kerja dalam Melayani Pasien

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS –  Rumah sakit merupakan institusi yang menyediakan pelayanan kesehatan melalui upaya pencegahan, pengobatan dan pemulihan. Perawat sebagai salah satu petugas kesehatan di rumah sakit tentunya wajib berkontribusi untuk menentukan kualitas layanan kesehatan. Dengan cara memberikan lebih banyak perhatian pada kondisi dan kebutuhan pasien.

Fasilitas perawatan kesehatan yang baik di rumah sakit dipengaruhi dari beberapa faktor, yaitu faktor individu, organisasi, dan pekerjaan itu sendiri. Oleh sebab itu Prof. Dr. Nursalam M.Nurs. (Hons) selaku Dekan Fakultas Keperawatan UNAIR tergerak untuk melakukan penelitian terkait dengan kualitas kerja dan kinerja dari perawat.

“Penelitian saya mengangkat judul The Correlation between the Quality of Nursing Work Life and Job Performance,” papar Prof. Dr. Nursalam M.Nurs. (Hons).

Prof. Dr. Nursalam mengatakan, penelitian tersebut dibuat sebagai wadah dari hasil-hasil penelitian yang sudah ada dan berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan, dan penelitian keperawatan. Dalam konten jurnalnya ia ingin menganalisis korelasi antara faktor-faktor individu dan kinerja perawat. Ia melanjutkan apabila seorang perawat berusaha meningkatkan loyalitas dalam keprofesiannya, maka akan dapat menyebabkan dampak positif pada kinerja pekerjaan mereka.

Ilustrasi oleh Gustinerz.com

Ia turut menjelaskan pembahasan dalam jurnal tersebut memuat berbagai artikel ilmiah yang mengalami pembaharuan dalam bidang keperawatan. Juga dengan bidang utama berupa artikel penelitian dengan referensi ilmiah terkini. Sehingga dapat menjadi sumber referensi bagi masyarakat dalam mengembangkan keilmuan.

“Pelayanan keperawatan sebagai bagian dari pelayanan kesehatan memegang kontribusi yang begitu besar dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit,” imbuhya.

Nursalam juga menyebutkan QNWL adalah elemen penting yang dimiliki oleh perawat dan hal ini dapat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Ia menekankan apabila terdapat perbedaan pada rumah sakit, sistem organisasi, dan lingkungan.

Maka akan menghasilkan QNWL berbeda untuk setiap karyawan. Perbedaan tersebut dapat dikaitkan dengan keadaan unit, jumlah dan jenis unit, serta kebijakan. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut terdiri dari kemampuan, pengetahuan, pendidikan, lama pekerjaan, keterampilan, motivasi, dan norma.

Pada akhir Prof. Nursalam mengatakan bahwa hasil analisis penelitian menunjukkan adanya korelasi antara QNWL dan kinerja perawat. Faktor-faktor pendidikan dan QNWL berdampak pada kinerja perawat. Di samping itu, lanjutnya, jurnal keperawatan telah mengalami perkembangan yang baik, yaitu pernah menjadi satu-satunya jurnal keperawatan di Indonesia yang memperoleh akreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

“Hal ini dibuktikan dari perolehan akreditasi nasional Science and Technology Index (SINTA) 2. Hingga sampai pada periode saat ini sedang menuju proses indexing oleh Scopus,” pungkasnya.

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Khefti Al Mawalia

Reference: Nursalam. 2010. Clarke PN, Brooks B. Quality of nursing worklife: Conceptual clarity for the future. Nurs Sci Q. 23(4):301–5.

link: https://www.researchgate.net/publication/328657872_The_correlation_between_the_quality_of_nursing_work_life_and_job_performance

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu