Mahasiswa FEB Ini Harumkan Kota Kelahiran di Kejuaraan Porprov Jatim 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Satu lagi prestasi yang berhasil diukir Ksatria Airlangga. Kali ini pretasi tersebut datang dari Alvredo Satriawan Singgih mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) jurusan Akuntasi Universitas Airlangga.

Alvredo atau yang kerap disapa Aldo itu berhasil memenangi medali perunggu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Jawa Timur 2019 di Bojonegoro untuk cabang olahraga Catur Beregu. Perolehan prestasi tersebut resmi diumumkan pada Kamis (11/7).

”Tentunya saya bangga dan senang bisa mengangkat nama kota saya menjadi sorotan oleh kota-kota lainnya”, ungkap mahasiswa kelahiran Bojonegoro, 25 Januari 2000, tersebut.

”Selain itu, saya juga turut senang bisa membanggakan orangtua, teman-teman saya, dan juga alamamater tercinta,” tambah dia.

Pada kompetisi yang diikuti oleh atlet-atlet professional dari berbagai kota di Jawa Timur tersebut, Aldo mengakui bahwa perjuangannya selama kompetisi sangatlah ketat. ”Perlu strategi yang matang untuk mengalahkan peserta lainnya,” tuturnya.

Untuk mempersiapkan diri mengikuti perlombaan itu, Aldo dan atlet lainnya wajib mengikuti latihan rutin di Bojonegoro setiap akhir pekan. Selama tiga bulan lamanya, Aldo harus pulang pergi dari Surabaya ke Bojonegoro.

(Paling kanan) ALVREDO Satriawan Singgih, peraih Juara III Cabang Olahraga Catur Beregu pada Porprov Jatim IV saat mengikuti kejuaraan catur cepat beregu di Semarang pada Juli 2019. (Foto : Istimewa)
(Paling kanan) ALVREDO Satriawan Singgih, peraih Juara III Cabang Olahraga Catur Beregu pada Porprov Jatim IV saat mengikuti kejuaraan catur cepat beregu di Semarang pada Juli 2019. (Foto : Istimewa)

Walaupun begitu, Aldo mengungkapkan bahwa dirinya tidak kewalahan membagi waktu. Meski harus bolak balik Surabaya-Bojonegoro setiap akhir pekan. ”Kesibukan kuliah saya tidak terlalu banyak, paling-paling sibuk ya, kalau ada event musik dan catur saja,” pungkas Aldo yang juga merupakan pianis dari Expresso, band FEB itu.

Mahasiswa angkatan 2018 itu mengatakan bahwa dirinya mulai menekuni catur sejak kelas IV SD. Bakat yang dia asah sejak kecil kini mulai menorehkan prestasi.

Tercatat, Aldo pernah tiga tahun berturut-turut menjadi juara I pada Kejuaraan Catur tingkat Kabupaten Bojonegoro. Tepatnya pada 2016, 2017, dan 2018. Juara III Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Jawa Timur pada 2016. Peringkat IV Kejuaraan Catur tingkat Provinsi Jawa Timur pada 2017. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).