UKM ADS Sabet Dua Juara di International Humanitarian Law Debate and Roleplay Competition

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
AULY Nahdyan Mafaza (kiri), Pamus Sukma Yudana (tengah), Tazkia Nanini (kanan). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Airlangga Debate Society (ADS) kembali torehkan prestasi di ajang nasional dengan menyabet dua gelar juara sekaligus. Perolehan juara tersebut berupa juara satu pada lomba debat dan juara tiga lomba roleplay.

Anggota tim yang mendapat juara tersebut terdiri dari Auly Nahdyan Mafaza (FH 2017), Pamus Sukma Yudana (FH 2018), Tazkia Nanini (FH 2018). Tim tersebut merupakan satu-satunya perwakilan dari Universitas Airlangga (UNAIR) pada ajang International Humanitarian Law Debate and Roleplay Competition.

Kompetisi tersebut berlangsung pada tanggal 27-30 Juni 2019 bertempat di UPN Veteran Jawa Timur, Surabaya dengan mengususng tema “Bring Back the Confidence in the Changing Nature of Warfare”. Setelah bertanding selama tiga hari hasil yang memuaskan akhirnya diperoleh tim dari UNAIR dengan menyabet dua gelar juara sekaligus.

Peserta yang mengikuti lomba tersebut berasal dari 12 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan peraturannya satu kampus hanya boleh mengirimkan perwakilan satu tim saja. Tazkia Nanini salah satu anggota tim perwakilan UNAIR menuturkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh timnya sangat terbatas karena bersamaan dengan Ujian Akhir Semester (UAS). Jadi untuk latihannya harus membagi waktu dengan belajar untuk UAS.

“Kami melakukan training debate selama tiga kali dan mempelajari materi hampir setiap hari, karena dalam debat memerlukan ingatan yang kuat atas data-data. Selain itu keteguhan dalam menyampaikan argumen juga harus kuat dan tidak boleh gentar oleh argumen lawan,” tambahnya.

“Sebenarnya saya sangat terkejut ketika waktu pengumuman mengetahui bahwa tim kami mendapatkan dua juara sekaligus pada lomba debat dan lomba roleplay. Rasa terkejut tersebut bukan tanpa alasan, karena kami memang kurang persiapan saat akan menghadapi lomba ini,” pungkasnya.

Ia memberikan pesan kepada mahasiswa UNAIR lainnya untuk selalu percaya diri dan menyalurkan minat dan bakat pada hal-hal positif layaknya kompetisi. Hal tersebut akan memicu kalian untuk berfikir kritis dan menjadi tolak ukur kemampuan kalian.
“Jadi marilah berprestasi dan harumkan nama almamater,” tutupnya.

Perlu diketahui UKM Debat UNAIR melakukan latihan setiap weekend pada pukul 10.00-15.30 bertempat di Gedung Student Center kampus C UNAIR.

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor : Khefti Al Mawalia

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu