Mahasiswa TLM Isi Liburan dengan Pengabdian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan cek kesehatan oleh mahasiswa TLM kepada masyarakat Dusun Mligi Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. (Foto: Sidaryanti)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) mengisi waktu libur setelah melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat (pengmas). Pengmas bertajuk MESENTRICAL (Medical Analyst Entering Village to be Clean and Health) dilakukan di Dusun Mligi Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto pada 28-30 Juni 2019.

Pengmas dihadiri dosen dan staf pengajar program studi D3 TLM serta dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi Prof. Dr. Widi Hidayat SE., M.Si., Ak di lapangan depan Fakultas Kedokteran UNAIR.

Kegiatan yang digagas oleh Departemen Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa TLM, mengangkat tema “Langkah Bersama, Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat“ bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial dan meningkatkan angka kesehatan, diikuti oleh mahasiswa TLM angkatan 2017 dan 2018. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya sosialisasi dari dr. Erlinda Sp, PK yang sekaligus dosen program studi  D3 TLM kepada masyarakat mengenai kesehatan, kerja bakti, dan juga pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar.

Imron yang menjabat sebagai Kepala Dusun Mligi mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa seperti penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan sangat berguna  dan harapannya kegiatan yang ada dapat lebih baik lagi ke depan.

“Kegiatannya bagus, utamanya pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan dari dokter yang ada, karena setelah ini kami lebih mengerti cara menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang baik,” ungkap Imron.

Agita selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan harapannya setelah kegiatan MESENTRICAL dilaksanakan. Yakni, meningkatkan angka kesehatan masyarakat. Seentara untuk mahasiswa D3 TLM, dapat menambah pengalaman dalam pengaplikasian ilmu yang didapat di bangku perkuliahan.

“Semoga setelah kegiatan ini, masyarakat Dusun Mligi dapat menerapkan perilaku hidup sehat. Dan untuk mahasiswa D3 TLM dapat mengasah softskill sehingga ke depan dapat menjadi tenaga kesehatan yang profesional,”ucap Agita. (*)

Penulis : Faisal Dika Utama

Editor : Binti Q Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu