Tiga Atlet UKM Karate UNAIR Sabet Medali Perunggu di POMDA Jawa Timur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DARI kiri Farah Diba Nur.F, Sucia Nadila, Suryani Budi Hartati , Camelia Oktinalisa, dan Ainur Rachma. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Universitas Airlangga (UNAIR) kembali torehkan prestasi di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa daerah (POMDA) Jawa Timur (Jatim) 2019 dengan meraih tiga medali perunggu. Prestasi tersebut diraih oleh Sucia Nadila (FK 2018), Suryani Budi Hartati (FV 2018), dan Camelia Oktinalisa (FISIP 2018).

POMDA merupakan ajang untuk mencari atlet kontingen yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019 mendatang. Jadi bisa dikatakan bahwa POMDA ini merupakan kejuaraan regional sekaligus seleksi untuk mencari atlet yang akan menjadi perwakilan provinsi.

Kejuaraan POMDA cabang karate tahun ini berlangsung pada 24-26 Juni 2019 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) Malang. Sejumlah 19 Kampus dari Jawa Timur turut serta mengirimkan atlet terbaiknya pada ajang ini.

Menurut keterangan Sucia Nadilla selaku salah seorang peraih medali perunggu, informasi perihal POMDA diperoleh secara mendadak, namun latihan persiapan dilakukan semaksimal mungkin. Selain itu dukungan, doa, dan kerjasama pengurus dan anggota UKM Karate juga membuat kami (atlet, red) lebih bersemangat dan optimis.

“Kami (atlet UKM Karate, red) mendapatkan latihan yang berbeda dengan latihan rutin, yakni berupa latihan khusus untuk laga yang akan diikuti. Kami melakukan Training Center (TC) sebanyak lima kali dalam seminggu. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan atlet benar-benar matang saat berlaga nantinya,” tambahnya.

Sucia Nadila juga berpesan kepada mahasiswa UNAIR untuk selalu bersemangat dan mengembangkan potensi diri. Karena hal tersebut akan bermanfaat dan menjadi persiapan dalam menghadapi persaingan global dan dapat mengharumkan nama almamater UNAIR.

“Perjuangan dalam mencapai puncak kemenangan memang memerlukan banyak dukungan dan pengorbanan, namun jika mencicipi kegagalan jangan sampai jatuh terlalu lama. Yakin dan bangkitlah bahwa hasil manis telah menantimu,” pungkanya.

Selain itu, Ketua UKM Karate UNAIR Fildza Mahira menyatakan bahwa hasil perolehan tiga medali tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Mengingat latihan yang dilakukan cukup singkat, minimnya informasi, dan jumlah atlet yang terbatas. Namun hal tersebut dapat teratasi dan mendapatkan hasil yang baik pada ketiga atlet yang diturunkan dalam laga.

“Manajemen yang baik dalam mempersiapkan atlet yang hendak berlaga sudah menjadi tanggungjawab kami (UKM Karate). Atlet yang akan berlaga tidak boleh diberikan beban perihal urusan lain seperti administrasi pertandingan dan urusan lapangan saat bertanding. Hal itu diperkirakan akan sangat mengganggu konsentrasi atlet,” tambahnya.

Ajang POMDA yang telah terlaksana semoga dapat menjadi ruang untuk terjalinnya persaudaraan antar atlet dan dapat membangun persatuan yang solid. Perlu diketahui bahwa UKM Karate UNAIR melakukan latihan rutin setiap hari senin pukul 18.00-21.00 dan selasa pukul 15.00-18.00 di Gedung Student Center Kampus C UNAIR. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).